Pengaruh Obat Suramin dan Isometamidium terhadap Parasitemia, Kematian dan Packed Cell Volume pada Tikus Putih ( Rattus Norvegicus) yang Diinfeksi T.Evansi Isolat Banyuwangi

Diah Esti Anggraini (1994) Pengaruh Obat Suramin dan Isometamidium terhadap Parasitemia, Kematian dan Packed Cell Volume pada Tikus Putih ( Rattus Norvegicus) yang Diinfeksi T.Evansi Isolat Banyuwangi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
DIAH ESTI ANGGRAINI_ABSTRAK.pdf

Download (862kB)
[img] Text (FULLTEXT)
DIAH ESTI ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh obat Suramin dan Isometamidium pada tikus putih yang diinfeksi T. evansi isolat Banyuwangi terhadap parasitemia, kematian dan Packed Cell Volume. Tikus putih jantan sejumlah 30 ekor dengan berat badan ± 200 gram berumur satu sampai dua bulan diadaptasikan selama satu minggu, kemudian dibagi menjadi tigakelompok. Tiap kelompok terdiri dari 10 ekor tikus. Semua tikus percobaan diinfeksi dengan 105 T. evansi isolat Banyuwangi secara intra peritoneal. Selanjutnya diberi perlakuan sebagai berikut: kelompok I ( kontrol) tidak diberi obat anti Surra; kelompok II diberi obat Suramin secara intra muskuler dengan dosis 10 miligram per kilogram berat badan; kelompok III diberi obat Isometamidium secara intra muskuler dengan dosis empat miligram per kilogram berat badan . Metode yang dipakai adalah Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan dan10 ulangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga perlakuan terhadap tikus putih memberikan pengaruh yang nyata (taraf signifikansi 0.05) terhadap parasitemia dan tidak berpengaruh nyata (taraf signifikansi 0.05) terhadap ada tidaknya kematian serta tidak berpengaruh nyata (taraf signifikansi 0.05) terhadap nilai Packed Cell Volume / PCV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: obat Suramin; Isometamidium; tikus putih; T.Evansi Isolat; Packed Cell Volume.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Diah Esti Anggraini068811441
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoepartono P., MS. Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorH. Mustahdi S., Dr., MSc., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:33
Last Modified: 14 Mar 2024 04:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item