Gambaran Kecukupan Tenaga Kesehatan Puskesmas Di Kabupaten Gresik Tahun 2021

Arif Rachmat Setiawan, - (2022) Gambaran Kecukupan Tenaga Kesehatan Puskesmas Di Kabupaten Gresik Tahun 2021. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
101811133152_LU'LU'ATUL MUAWANAH_fikssss.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menjadi ujung tombak dari pelayanan kesehatan. Puskesmas juga dikenal sebagai gatekeeper sistem pelayanan kesehatan, dimana puskesmas menjadi kontak pertama masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan. Puskesmas ini memiliki peran dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar secara optimal dan sesuai dengan standar kompetensinya serta standar pelayanan medik. Pelayanan yang diberikan oleh puskesmas ini meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan reabilitatif. Dalam puskesmas terdapat Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM kesehatan) yang dapat dikatakan sebagai “jantung” dari Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Tanpa keberadaan dari SDM kesehatan yang menggerakkan serta melayani, maka pilar-pilar lain dalam SKN tidak akan bisa berjalan dengan baik. SDM kesehatan di puskesmas memiliki peran dalam menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan di tingkat dasar kepada masyarakat. Dimana untuk memberikan pelayanan kesehatan yang masimal kepada masyarakat, maka puskesmas harus didukung dengan tenaga kesehatan yang mencukupi baik dari segi kuantitas dan kualitas.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Arif Rachmat Setiawan, -101811133152
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, --
Thesis advisorArif Rachmat Setiawan, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:10
Last Modified: 14 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item