Gambaran Proses Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Radhita Aisyah Resti Nariswari, - (2022) Gambaran Proses Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
101811133175_Radhita Aisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi dalam hal pemerataan layanan di daerah kepulauan adalah terkait akses, khususnya disaat masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan dokter spesialis atau pasien harus dirujuk ke rumah sakit. Keluarga harus menyediakan dana yang cukup besar membiayai perjalanan pasien, pendamping, dan petugas yang mengantarnya demi mendapatkan pelayanan spesialistik. Sebagai upaya minimalisir keterbatasan akses pelayanan spesialistik didaerah kepulauan, Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2019-2024 melalui Nawa Bhakti Jatim Cerdas dan Sehat adalah kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak di kepulauan melalui Rumah Sakit Terapung. Pelayanan Kesehatan Bergerak ini ditujukan kepada masyarakat yang berada di Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil. Akses yang sulit serta waktu yang dibutuhkan dalam menerina pelayanan kesehatan sering kali menjadi kendala utama masyrakat dalam menerima pelayanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat di kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil. Dasar hukum dari Pelayanan Kesehatan bergerak ini adalah Permenkes 45 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Permenkes 90 Tahun 2015, SK Dirjen Yankes Tentang Penetapan Puskesmas dengan Kategori Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil pada Kabupaten/Kota Sebagai Sasaran Program Yankes Primer, SK Buapati Tentang Daerah Terpencil, dan SK Kadinkes Provinsi Jatim. Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini diadakan dengan tujuan agar masyarakat yang berada di wilayah terpencil atau sangat terpencil bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, khusunya pelayanan kesehatan spesialistik yang seringkali dibutuhkan masyarakat di kawasan tersebut. Pelayanan Kesehatan Bergerak memfasilitasi warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan spesialistik sehingga warga tidak perlu jauh-jauh menuju fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan spesialistik. Selain itu, Pelayanan Kesehatan Bergerak juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelayanan kesehatan sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing. Untuk itu, diharapkan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam menggunakan Pelayanan Kesehatan yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Radhita Aisyah Resti Nariswari, -101811133175
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, --
Thesis advisorIda Shafiansyah, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:20
Last Modified: 14 Mar 2024 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item