Pengaruh Community Empowerment Educationterhadap Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Ibu Hamil Dalam Persiapan Asi Ekslusife Di Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan

Fitria Kusna Wati (2019) Pengaruh Community Empowerment Educationterhadap Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Ibu Hamil Dalam Persiapan Asi Ekslusife Di Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FITRI KUSNAWATI20240313_13070701.pdf

Download (53MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Persiapan ASI Eksklusif penting untuk ibu hamil dalam mempersiapkan gizi optimal untuk bayi. Pemberian ASI secara eksklusif masih sangat rendah di kalangan masyarakat Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberian community empowerment education terhadap pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga ibu hamil dalam persiapan pemberian ASI eksklusif. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi sejumlah 312 orang. Sampel yang dimasukkan berpasangan dalam penelitian ini yaitu keluarga dan ibu hamil di Desa Maneron dan Desa Bangsereh, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan sejumlah 140 orang dipilih dengan teknik simple random sampling. Responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kontrol dan perlakuan, tiap kelompok berjumlah 35 pasang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah community empowerment education. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga untuk ibu hamil. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap untuk keluarga ibu hamil dan kuesioner dukungan keluarga untuk Thu hamil dengan pre-post test. Uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test. Basil: Uji statistik pre-post test menggunakan wilcoxon signed rank menunjukkan basil pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga p=0,000 dan hasil uji mann whitney terhadap kelompok kontrol dan kelompok perlakuan p=0,000 dengan tingkat signifikasi p<0,05. Diskusi: Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh community empowerment education terhadap pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dalam persiapan pemberian ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, community empowerment education, dukungan Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Fitria Kusna WatiNIM131511133038
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEsti YunitasariNIDN0017067707
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:04
Last Modified: 15 Mar 2024 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item