UPAYA PEMBERANTASAN DEMAM BERDARAH DENGUE MELALUI AKTIFITAS DOKTER KECIL DAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH

Hari Basuki Notobroto, - (2004) UPAYA PEMBERANTASAN DEMAM BERDARAH DENGUE MELALUI AKTIFITAS DOKTER KECIL DAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH. -, -.

[img] Text
HARI BASUKI N.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit DBD masih merupakan ancaman dan mempengaruhi tingginya angka kematian anak dibawah lima belas tahun tetapi sekarang bisa menyerang di semua umur seiring dengan berkembangnya virus Dengue. DBD dapat menurunkan produktivitas kerja belajar sehingga prestasi juga menurun .. Kotamadya Surabaya tennasuk daerah endemis DBD karena ban yak perumahan dan pemukiman yang padat penduduk disertai perilaku masyarakat yang tidak sehat. untuk itu perlu upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam pengendalian PENYAKIT DBD yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti ini. Pelll ,berantasan penyak it DBD melalui aktititas dokter kecil telah dilaksanakan di SO Hang Tuah I Surabaya yang tennasuk kelurahan Danno. Pelaksanan survey jentik secara visual dengan menghitung kepadatan jentik serta memprediksi akan adanya penyakit DBD dan tindakannya merupakan peran serta masyarakat di bidang kesehatan. Pencegahan dan pemberantasan Penyakit DBD pada Masyarakat melalui aktifitas dokter kecil pada anak usia SO dan Illelllperdayakan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan salah satu tujuan untuk menurunkan angka kesakitan karena penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, tindakan dan peran serta masyarakat pada program program pemberantasan penyakit DBD, khususnya masyarakat anak sekolah sebagai Close Community yang mudah untuk dikontrol dan dievaluassi. Pada pelaksanaan pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan Penyuluhan dan Pemeriksaan serta penghitungan jentik Breteu Index dan Container Index pada 100 rumah disekitar sekolah yang dilaksanakan 20 anak yang terpilih sebagai dokter kecil melalui kegiatan UKS. dan dibimbing oleh guru Sekolah, Petugas dari Puskesmas serta petugas dari Dinas Kesehatan Kab. Kota madya Surabaya. Pelaksanaan penmas pada bulan Maret-April 2004 pada puncak kasus DBD Dari hasil evaluasi proses Pengabdian Masyarakat dapat disimpulkan terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap untuk mengendalikan penyakit DBD dengan cara peningkatan kualitas ,perumahan dan lingkungan pemukimannya agar tidak dijadikan tempat perindukan vektor DBD serta teRJadi penyadaran masyarakat bahwa DBD selain menyebabkan kematian Case Fatalily Rate (CFR)juga menyebabkan produktivitas menurun.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM
Hari Basuki Notobroto, -NIDN0025066504
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki, -Dr.., dr., M.Kes
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:30
Last Modified: 15 Mar 2024 02:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131514
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item