Gambaran Penerapan TPM (Total Productive Maintenance) Di PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Pabrik Gresik

Wahdah Dhiyaul Akrimah, - (2022) Gambaran Penerapan TPM (Total Productive Maintenance) Di PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Pabrik Gresik. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
101811133221_Wahdah Dhiyaul Akrimah_Laporan Magang.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Perawatan (maintenance) merupakan suatu hal yang paling penting dalam meningkatkan kehandalan pada mesin proses produksi dalam sebuah perusahaan. Maintenance dapat didefenisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan suatu sistem. Aktivitas pemeliharaan yang dilakukan pada sebuah perusahaan sangat diperlukan karena setiap peralatan yang digunakan dalam proses produksi suatu waktu dapat mengalami kerusakan (failure). Jerdapat kerusakan mesin, hal ini tentunya akan mengganggu proses produksi. Kerusakan peralatan ini tidak dapat diketahui secara pasti, sehingga kegiatan pemeliharaan akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan ini. Kegiatan pemeliharaan dapat dilakukan dalam dua waktu. Pertama, kegiatan pemeliharaan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan (corrective maintenance). Kedua, kegiatan pemeliharaan dilakukan sebelum terjadinya kerusakan (preventive maintenance). Kegiatan preventive maintenance biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh perusahaan. Jika perusahaan memilih corrective maintenance, kegiatan pemeliharaan tersebut akan mengganggu proses produksi sehigga akan meningkatkan downtime. Downtime dalam suatu sistem produksi artinya kehilangan waktu produksi, sehingga preventive maintenance sangat diperlukan untuk memperlancar proses produksi.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Wahdah Dhiyaul Akrimah, -101811133221
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeirina E, --
Thesis advisorSetyo Karno, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:06
Last Modified: 15 Mar 2024 06:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item