Pengaruh Bimbingan Spiritual Pada Pasien Terminal Terhadap Penerimaan (Psikologis) Pasien Di Ruang Kandungan RSU Dr. Soetomo Surabaya

Nurhadi, - (2003) Pengaruh Bimbingan Spiritual Pada Pasien Terminal Terhadap Penerimaan (Psikologis) Pasien Di Ruang Kandungan RSU Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
NURHADI PENGARUH20240308_15271833.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku menolak,marah dan tawar-menawar sering muncul pada pasien dengan kasus penyakit tenninal. Perilaku menolak yang sering ditunjukan oleh pasien diantarnya: menolak test diagnosa, menganggap remeh penyakitnya, menolak minum obat, dan yang lebih mengkawatirkan adalah terjadinya depresi yang bisa memunculkan ide bunuh diri pada pasien. Maka diperlukan upaya bimbingan spiritual yang optimal dan kontinyu agar pasien dengan kasus terminal terhindar dari reaksi psikologis yang distruktip. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan spiritual pada pasien terminal terhadap penerimaan psikologis pasien Desain penelitian ini menggunakan pra eksperiman " Pre post test 11011 control group design ". Populasinya adalah pasien terminal yang dirawat di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya dengan sampel 16 responden yang memenuhi kreteria inklusi. Tehnik pengambilan sampling menggunakan tehnik" non random samplinf(' dengan metode" porposive sampling".Pengumpulan data untuk mengetahui penerimaan(psikologis) pasien dilakukan dengan observasi sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan spiritual. Untuk mengetahui pengaruh bimbingan spiritual yang dilakukan terhadap penerimaan psikologis pasien dilakukan analisis statistik menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dengan signifikansi p<0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang secara psikologis belum menerima penyakitnya, setelah dilakukan bimbingan spiritual responden dapat menerima penyakitnya dengan baik. Dari hasil uji statistic didapatkan p = 0,000 yang berarti Ho ditolak, menandakan adanya pengaruh dari bimbingan spiritual yang diberikan terhadap penerimaan psikologis pasien. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi institusi peiayanan (rumal1 sakit). dan juga profesi keperawatan untuk lebih mengoptimalkan bimbingan spiritual untuk mernbantu mengurangi gangguan psikologis pada pasien-pasien terminal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan spiritual, pasien t~rminal. pen~rimaan (psikologis ) pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nurhadi, -NIM 010230461 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSiti Sauli, --
ContributorNursalam M, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:35
Last Modified: 15 Mar 2024 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item