HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI OLER KEPALA RUANGAN DENGAN MOTIVASI KERJA STAF PERAWAT PENELITIAN CROSS SECTIONAL DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA

BUDI KARTONO, - (2004) HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI OLER KEPALA RUANGAN DENGAN MOTIVASI KERJA STAF PERAWAT PENELITIAN CROSS SECTIONAL DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
BUDI KARTONO 200420240304.pdf

Download (31MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Motivasi kerja merupakan salah satu factor pendukung dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi kerja staf perawat dalam pelaksanaan asuhan keperawatan masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh pelaksanaan supervisi kepala ruangan yang belum efektif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan pelaksanaan supervisi oleh kepala ruangan dengan motivasi kerja staf perawat. Jenis penelitian ini adalah studi analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat honorer diruang perawatan penyakit dalam dan bedah Rurnkital Dr. Ramelan. Jurnlah sample 99 responden yang diambil dengan cara cluster sampling sesuai Kriteria inklusi. Variable independen adalah pelaksanaan supervisi oleh kepala ruangan sedangkan variable dependen adalah motivasi kerja staf perawat. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 16 - 23 Desember 2003 dengan menggunakan instrumen kuesioner. Data diolah dengan menggunakan skala ordinal dan dianalisa dengan menggunakan uji correlation spearman rho dengan derajat kemaknaan p :S 0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagian besar pelaksanan supervisi oleh kepala ruang baik (69,7 %) dan motivasi kerja staf perawat sebagian besar kuat (80,8 %). Dari uji statistik dengan menggunakan uji correlation spearman rho terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi oleh kepala ruangan dengan motivasi kerja staf perawat dengan derajat kemaknaan p = 0,000 dan coeffisient correlation ( r ) = 0,739 artinya derajat hubungan kedua variable adalah kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Motivasi, Perawat
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
BUDI KARTONO, -010230444 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNursalam,, M.Nurs (Hons)0025126601
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item