Laporan Mbkm By Design Fkm Unair Unicef (United Nations Children's Fund) Kota Surabaya Gambaran Program Penanggulangan Kasus Tuberkulosis Di Puskesmas Mojo

Diela Ratna Nur Fitrya, - (2023) Laporan Mbkm By Design Fkm Unair Unicef (United Nations Children's Fund) Kota Surabaya Gambaran Program Penanggulangan Kasus Tuberkulosis Di Puskesmas Mojo. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Diela Ratna Nur Fitrya_102011133243_compressed.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

UNICEF Indonesia berpusat di Jakarta dan memiliki lima kantor lapangan dan dua kantor cabang. Fokus dari masing-masing kantor lapangan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan prioritas daerah. Salah satu dari lima kantor lapangan UNICEF berada di Surabaya. Fungsi kantor lapangan adalah mendukung upaya organisasi untuk melaksanakan pendekatan inovatif untuk hak anak-anak di masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah, baik di pedesaan maupun di perkotaan. 2. Puskesmas Mojo menjadi salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di Kota Surabaya. Puskesmas Mojo dipimpin oleh seorang kepala, dan terdiri dari koordinator kepala yang berasal dari sub bagian tata usaha dan kelompok jabatan fungsional yang bertugas memberikan pelayanan fungsional sesuai dengan tugas di instalasi masing-masing. Puskesmas Mojo memiliki enam bidang kegiatan yaitu UKM esensial dan keperawatan kesehatan masyarakat; UKM pengembangan; Kefarmasian dan laboratorium; Jaringan pelayanan puskesmas dan jejaring puskesmas; Bangunan, prasarana, dan peralatan; dan Mutu. 3. Pelaksanaan program penanggulangan TB melalui kegiatan penemuan kasus TB di Puskesmas Mojo sudah sesuai dengan Permenkes No.67 Tahun 2016 Tentang Penanggulangan TB. 4. Penemuan kasus TB yang rendah di Puskesmas Mojo menjadi masalah yang utama dalam penanggulangan TB. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam alasan dari masyarakat dan petugas yang berada di Puskesmas. Berdasarkan analisis, diperoleh alternatif solusi berupa meningkatkan penyuluhan mengenai TB dan PHBS, meningkatkan investigasi kontak dengan melibatkan lintas sektor, menjalin kerja sama yang baik dengan jejaring, serta memperketat peraturan pada kontak erat dan suspek.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: UNICEF, Public Health, Layanan Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
Diela Ratna Nur Fitrya, -NIM102011133243
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Mar 2024 01:52
Last Modified: 16 Mar 2024 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item