Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Terpasang Wsd Di Ruang Paru Laki Rsud Dr. Soetomo Surabaya

Moh. Khusyairi Muflih (2024) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Terpasang Wsd Di Ruang Paru Laki Rsud Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
MOH KHUSYAIRI MUFLIH FAKTOR20240307_11194189.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasangan WSD merupakan tindakan invasive yang be!pengaruh terhadap pasien yang mengakibatkan stress fisiologis maupun psikoJogis, Stress psikologis tersebut menimbulkan kecemasan. Penelitian i.ni bertujuan uotuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien yang lerpasang WSD, faktor - faklomya adalab urnur, tingkal pendidikan, peke!jaan dan tingkal pengetahuan. Desain yang dipergunakan adalah cross sectional, Pada penelitian ini menggunakan non probabilil}' sampling yaitu Consecutive sampling dimana seriap pasien terpasang WSD yang dirawat di ruang paru pria RSUD Dr. Soetomo Surabaya Dari hasil penelitian ditemukan : tidak cemas 3 orang (10%), cemas ringan sebanyak 12 orang (40%), dan cernas 'edang 15 orang (50%). Dan hasil penelitian ser.elah diuji statistik dengan menggunakan Chi Square pada tingkat signifikansi p S 0,05, didapatkan dan faktor umur tidak didapatkan adanya hubungan. adaoya hubungan antara faktor tingkat pendidikan, pekerjaan, dan nngkru pengerahuan dengan tingkat kecemasan pasien terpasang WSD. Faktor yang paling berpengaruh dilihat dan nilai signifikansi yang paling kecil yaitu pengetahuan dengan nilai p : 0,003. Dari hasil diatas disarankan untuk peningkaran pelayanan hendaknya perawat dan petugas kesehatan terkait untuk memberikan informasi kepada pasien tentang penyakitnya terutama WSD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, wnur, pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Moh. Khusyairi MuflihNIM010110319 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSari LuthfiyahNIDN-
Thesis advisorHarmayettyNIDN0010047002
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Mar 2024 07:04
Last Modified: 16 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item