Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Surabaya Standar Operasional Prosedur (SOP) Komunikasi Darurat Krisis Bidang Kesehatan Dan/Atau Pra Bencana

Alyssa Ika Hanna Khusuma, - (2022) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Surabaya Standar Operasional Prosedur (SOP) Komunikasi Darurat Krisis Bidang Kesehatan Dan/Atau Pra Bencana. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
31. 101911133186.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Bencana adalah peristiwa yang menimbulkan ancaman dan gangguan terhadap kehidupan dan penghidupan masyarakat. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana guna mengurangi risiko yang terjadi akibat ancaman tersebut. Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Sedangkan krisis kesehatan didefinisikan sebagai peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa, korban luka/sakit, pengungsian, dan/atau adanya potensi bahaya yang berdampak pada kesehatan masyarakat yang membutuhkan respon cepat di luar kebiasaan normal dan kapasitas kesehatan tidak memadai. Dalam penanggulangan krisis kesehatan, sistem klaster dilakukan dengan membentuk klaster kesehatan pada tingkat pusat dan daerah.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: darurat krisis; krisis kesehatan;komunikasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Alyssa Ika Hanna Khusuma, -NIM101911133186
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorKhuliyah Candraning Diyanah, -NIDN0010118601
ContributorDidiek Rachmadi, -NIDN-
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:36
Last Modified: 18 Mar 2024 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item