Hubungan Antara Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peran Perawat Dalam Penanganan Kedaruratan Psikatrik Penelitian Deskriptif Cross Sectional Di Rs Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Budi Winarni, - (2024) Hubungan Antara Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peran Perawat Dalam Penanganan Kedaruratan Psikatrik Penelitian Deskriptif Cross Sectional Di Rs Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
BUDI WINARNI_010110312 R.pdf

Download (22MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Peran perawat merupakan proses interpersonal yang dimulai untuk ditingkatkan dan dipertahankan setiap tindakan menuju fungsi terpadu yang berkontribusi terhadap kualitas keperawatan proses, merupakan faktor determinan tertentu yang berhubungan dengan proses pengasuhan kegawatdaruratan psikiatris meliputi umur, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis korelasi faktor-faktor determinan tersebut mempengaruhi peran perawat. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan peran perawat sebagai pelaksananya variabel terikat, dan variabel bebas terdiri dari umur, pendidikan, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Jumlah sampel sebanyak 17 responden dengan memanfaatkan teknik pengambilan sampel total. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi dengan menyegarkan kerangka konseptual uji chi-square dengan P < 0,05 digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya pendidikan dan peran : P = 0,0032; pengetahuan juga berkorelasi dengan peran dengan P = 0,0295, dan sikap berhubungan dengan peran dengan P = 0,0075, serta terdapat pula hubungan korelasi antara keterampilan dan peran dengan P = 0,012. Agar peran perawat dapat berfungsi dengan baik maka diperlukan pelatihan yang bersifat formal pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi harus menjadi prioritas dan standar semua Operasi/prosedur harus diketahui dan dilakukan oleh semua anggota perawat terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Umur, Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Keterampilan Dan Peran Perawat
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Budi Winarni, -NIM010110312 R
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131706
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item