Komposisi Kimiawi dan Daya Cerna Protein Kulit Buah Cokelat dan Ampas Tebu Hasil Amoniasi dan Fermentasi Menggunakan Ragi Tape

Nenik Tri Astutik (1996) Komposisi Kimiawi dan Daya Cerna Protein Kulit Buah Cokelat dan Ampas Tebu Hasil Amoniasi dan Fermentasi Menggunakan Ragi Tape. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
13. nenik tri astutik_20240205_09262323.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi kimiawi dan daya cerna protein kulit buah coklat dan ampas tebu yang diproses secara amoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama proses pengolahan kulit buah cokelat dan ampas tebu dan tahap kedua pengukuran daya cerna protein kulit buah cokelat dan ampas tebu. Percobaan ini menggunakan Rancangan Percobaan Acak Lengkap dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Tahap pertama, sampel yang akan difermentasi yaitu empat macam perlalcuan, masing-masing perlakuan disiapkan 100 gram kulit buah cokelat atau ampas tebu , ditambah dengan urea 3 grain, yang telah dilarutkan dalam air sampai 100 ml dan dicampur sampai rata kemudian dimasukkan dalam kantong plastik dan dikukus dalam dandang selama 45 menit. Kemudian ditambah 45 gram tetes pada perlakuan 1 (P1) dan perlakuan 3 (P3). Perlakuan 2 (P2) dan perlakuan 4 (P4) ditambah 15 gram tetes dan 2 gram ragi tape dan dicampur sampai rata kemudian dimasukkan dalam kantong plastik sampai tidak ada udara serta diikat dengan 'mat kemudian diinkubasi selama 6 hari. Masing-masing perlakuan dilakukan analisis proksimat. Tahap kedua, sebanyak 20 buah kantong nilon digunakan untuk uji daya cerna. Masing-masing perlakuan menggunakan lima kantong nilon. Setiap kantong diisi sampel kulit buah cokelat atau ampas tebu sebanyak lima gram. Kantong- kantong nilon yang berisi sampel kemudian dimasukkan dalam rumen domba melalui fistula dan diinkubasi selama 48 jam. Setelah masa inkubasi selesai, masing-masing sampel dianalisis protein. Hasil analisis kulit bauh cokelat yang diproses secara amoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape menunjukkan peningkatan kadar protein (p<0,05) dan tidak terjadi penunnian kadar serat kasar (p>0,05), sedangkan pada ampas tebu terjadi peningkatan kadar protein dan lemak (p<0,05), tetapi kadar serat kasarnya tidak terjadi penurunan (p<0,01). Hasil analisis daya cerna protein kulit buah cokelat dan ampas tebu yang diamoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape menunjukkan peningkatan (p>0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komposisi Kimiawi, Ampas Tebu, Ragi tape
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nenik Tri AstutikNIM069111779
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRomziah S. Budiono-
Thesis advisorRoostita-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:19
Last Modified: 18 Mar 2024 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item