Laporan Magang Mbkm Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) Kota Surabaya Evaluasi Tinjauan Aspek Kesehatan Masyarakat Dalam Dokumen Addendum ANDAL Dan RKL – RPL Tipe A (Studi Kasus pada Pembangunan Service Apartemen PT Multi Tower Indo Santosa)

Muhafasya Karunia Azzahra, - (2022) Laporan Magang Mbkm Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) Kota Surabaya Evaluasi Tinjauan Aspek Kesehatan Masyarakat Dalam Dokumen Addendum ANDAL Dan RKL – RPL Tipe A (Studi Kasus pada Pembangunan Service Apartemen PT Multi Tower Indo Santosa). Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
Laporan Magang DLH_Muhafasya Karunia Azzahra (12).pdf

Download (4MB)

Abstract

Dokumen Addendum ANDAL dan RKL-RPL merupakan dokumen yang disusun dalam rangka perubahan persetujuan lingkungan akibat adanya perubahan usaha atau kegiatan dengan kewajiban menyusun dokumen lingkungan hidup baru. Dokumen Addendum ANDAL dan RKL-RPL Tipe A disusun untuk perubahan usaha atau kegiatan yang dapat menyebabkan perubahan Dampak Penting Hipotetik (DPH) yang sudah dilingkup dalam dokumen AMDAL sebelumnya. Perubahan DPH tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya antara lain perubahan besaran dan sifat penting dampak. Komponen kesehatan masyarakat dan sosial budaya dalam dokumen Addendum ANDAL dan RKL-RPL terdapat pada pembahasan bab rona lingkungan hidup awal. Dalam pembahasannya, aspek kesehatan masyarakat ditinjau dari segi parameter lingkungan yang diperkirakan terdampak, proses dan potensi terjadinya pemajanan, potensi besarnya dampak timbulnya penyakit, karakteristik spesifik penduduk yang berisiko, sumber daya kesehatan, kondisi sanitasi lingkungan, status gizi masyarakat, kondisi lingkungan yang dapat memperburuk proses penyebaran penyakit, serta kesehatan dan keselamatan pekerja. Sedangkan untuk aspek sosial dan budaya, pembahasannya ditinjau dari segi kondisi demografi penduduk, komposisi penduduk, dan kebiasaan masyarakat di wilayah rencana kegiatan. Dalam pembahasan bab rona lingkungan hidup untuk komponen kesehatan masyarakat masih kurang spesifik dalam mejelaskan karakterisik penduduk yang berisiko. Selain itu, terkait potensi besarnya dampak terjadinya penyakit masih belum spesifik dalam menjelaskan mengenai prevalensi kasus ISPA yang terjadi. Harus dijelaskan lebih lanjut mengenai siapa populasi yang rentan terhadap ISPA, sehingga dapat lebih mudah untuk membuat rencana pencegahan dampak yang akan terjadi. 4. Dalam dokumen Addendum ANDAL dan RKL - RPL Tipe A kegiatan Pembangunan Apartemen (Service Apartemen) PT Multi Tower Indo Santosa, dalam segi komponen kesehatan masyarakat juga masih belum menjelaskan secara spesifik terkait bagaimana penyebaran bahan pencemaran di udara dan jalur pajanannya hingga sampai ke tubuh. Hal ini terlihat dari tidak adanya penjelasan mengenai kegiatan apa dalam rencana proses pembangunan yang akan menyebabkan penurunan kualitas udara ambien baik dari parameter CO, NOX, SO2, dan debu. Apabila dapat diketahui lebih spesifik terkait kegiatan dalam rencana aktivitas pembangunan Apartemen apa yang akan mempengaruhi penurunan kualitas udara ambien tersebut, maka akan lebih mudah untuk dicari solusi penyelesaiannya. Dalam komponen kesehatan masyarakat juga masih belum dibahas terkait kemungkinan adanya perindukan vektor penyakit akibat adanya kegiatan pembangunan, yang mana hal tersebut perlu untuk dikaji lebih lanjut. Perubahan lahan yang menimbulkan genangan dapat menjadi sarang perkembangbiakkan nyamuk penyebab demam berdarah, dan masih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Creators:
CreatorsNIM
Muhafasya Karunia Azzahra, -NIM101911133128
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:12
Last Modified: 19 Mar 2024 02:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item