Implementasi Pelaksanaan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik

Luckyta Ayu Puspita Sari, - (2022) Implementasi Pelaksanaan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
Luckyta Ayu Puspita Sari_101811133043.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam berkehidupan yang harus terpenuhi. Kondisi kesehatan seseorang menentukan terpenuhi atau tidaknya kebutuhan hidup. Sehingga, menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Menjaga kesehatan yang dimaksudkan tidak hanya dari aktivitas fisik saja, pola hidup sehat juga harus diterapkan termasuk mengonsumsi makanan sehat dan terbebas dari kuman. Makanan dan minuman merupakan komponen penting yang mempengaruhi kondisi sehat seseorang. Makanan dan minuman yang sehat tidak hanya makanan dan minuman yang bergizi saat dimakan, tetapi juga makanan dan minuman yang telah melewati proses produksi yang telah sesuai dengan hygiene makanan yang bersih dan sehat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah khusunya dinas Kesehatan sebagai badan pengawas untuk dapat menjamin bahwa makanan yang diterima masyarakat telah melalui proses produksi yang sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. Dan menjadi khusus menjadi tugas dari Bidang Sumber Daya Kesehatan sesuai dengan Berdasarkan Peraturan Bupati Gresik Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. Namun, dengan adanya RUU Cipta Kerja yang disahkan Presiden di tahun 2020, semua peraturan mengenai penyelenggaraan perizinan usaha harus berbasis pada resiko. Sehingga proses dalam perizinan diintegrasikan secara elektronik. Seluruh persyaratan untuk mendapatkan perizinan industry rumah tangga di Kabupaten Gresik dikirimkan melalui suatu website yang dikelola pemerintah daerah Kabupaten Gresik khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik yaitu OSS.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Luckyta Ayu Puspita Sari, -101811133043
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, --
Thesis advisorWahir, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 18 Mar 2024 13:19
Last Modified: 18 Mar 2024 13:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item