Gambaran Pelaksanaan Surveilans AFP Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2018

Wahyu Dyah Sukmawati, - (2019) Gambaran Pelaksanaan Surveilans AFP Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
Wahyu Dyah Sukmawati_101511133129.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Magang adalah kegiatan mandiri mahasiswa yang dilaksanakan diluar lingkungan kampus untuk mendapatkan pengalaman kerja praktis yang sesuai dengan bidang peminatannya melalui metode observasi dan partisipasi. Kegiatan magang di bidang peminatan epidemiologi dilaksanakan sesuai dengan formasi struktural dan fungsional pada instansi tempat magang baik di dinas kesehatan, puskesmas, maupun rumah sakit serta instansi kesehatan. Kurikulum program magang bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat diharapkan dapat memberi bekal mengenai pengalaman dan ketrampilan kerja praktis serta penyesuaian sikap di dunia kerja sebelum terjun ke dunia kerja nyata (Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2016). Tujuan dari program magang pada bidang epidemiologi adalah untuk mengenal struktur organisasi dan prosedur kerja, program pencegahan, dan penanggulangan penyakit, serta surveilans dan imunisasi yang di terapkan di tempat magang mulai mengmpulkan, mengolah, dan menganalisis data serta diseminasi informasi. Selain itu, belajar mengidentifikasi masalah kesehatan di instansi setempat, membuat prioritas masalah, menentukan alternatif pemecahan masalah serta mengikuti kegiatan di lapangan yang dilakukan instansi (Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2016). Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur adalah salah satu unsur penyelenggara urusan pemerintahan dalam bidang kesehatan di Jawa Timur. Misi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yaitu meningkatkan upaya pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan. Adapun misi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mencakup kegiatan pencegahan, surveilans, deteksi dini baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular, bencana dan imunisasi. Informasi mengenai hal tersebut telah didapatkan selama perkuliahan dan hal itulah yang menjadi dasar dalam menjadikan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai tempat magang.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu Dyah Sukmawati, -01511133129
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 18 Mar 2024 15:20
Last Modified: 18 Mar 2024 15:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item