FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN CA. CERVIK DI RUANG KANDUNGAN RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

HERIN MAWARTI, - (2001) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN CA. CERVIK DI RUANG KANDUNGAN RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
HERIN MAWARTI20240313_09540430.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker leher rahim akan mempengan1hi berbagai aspek baik segi biologis, psikologis, psiko seksual dan psiko sosial. Dari aspek psikologis akan te1:jadi gangguan kecemasan. Kecemasan te1jadi karena takut kematian, kehilangan, penyakitnya akan menyebar disamping dampak dari penyakit seperti ; operasi, pro!:,Jfam perawatan yang lama dan dampak pengobatan yang tidak menyenangkan. Banyak faktor yang mempengaruhi kecemasan pasien cancer cervik seperti ; umur, pendidikan, pekerjaan, dukungan sosial, kognisi, konsep diri, kepribadian, lingkungan . Tetapi penulis ingin melihat hubungan antara umur, pendidikan, pekerjaan dan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakah ada hubungan antara umur, pendidikan, pekerjaan, dukungan sosial dan tingkat kecemasan pada pasien dengan Ca-Cercik sedang manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberi masukkan dalam meningkatkan mutu pelayanan perawatan. Penelitian ini merupakan penelitian Crossectional dengan variabel independen umur, pendidikan, pekerjaan, dukungan sosial dan variabel dependen tingkat kecemasan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Kemudian data dikumpulkan menggunakan alat kuesioner dan di olah dengan uji Chi-Squere dan apabila tidak memenuhi asumsi uji Chi Square menggunakan uji Exact Fisher's dengan signifikansi a= 0, 1. Hasil penelitian didapatkan faktor umur dengan (a = 0,052) yaitu HO ditolak artinya ada hubungan antara umur dan tingkat kecemasan sedangkan 3 faktor lain dinyatakan HO diterima berarti tidak ada hubungan antara faktor tersebut dengan tingkat kecemasan. Tiga faktor tersebut adalah ; pendidikan ( a = 0,4 ), pekerjaan (a = 1,00 ) dan dukungan sosial ( a = 1,00).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan, Pasien Ca. Cervik
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HERIN MAWARTI, -NIM 010010223 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNursalam., Mnurs. (Hons)0025126601
UNSPECIFIEDSunarko S., Dr, MS0029085404
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item