PENGARUH BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (5-6 TAHUN) DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN GRESIK

HIDAYATI MUMPUNI, - (2010) PENGARUH BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (5-6 TAHUN) DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
HIDAYATUS MUMPUNI_010610014 B.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan kognitif sama halnya dengan perkembangan intelektual. Stimulasi pada masa anak dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif pada anak aktivitas berpikir. Jika kemampuannya tidak mendapat rangsangan maka bisa membuat anak mempunyai kemampuan terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh bermain teka-teki untuk perkembangan kognitif untuk usia prasekolah (5-6 tahun). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Quasy Experiment. Sampelnya adalah diperoleh melalui purposive sampling. Hal ini dilakukan di Negeri Pembina TK Gresik yang berjumlah 28 anak usia 5-6 tahun. Mereka dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol, sehingga setiap kelompok berjumlah 14 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Mereka dianalisis oleh Wilcoxon Signed Rank Test (uji perbandingan pada dua sampel berpasangan) dengan tingkat signifikansi pada ~0,05 dan Uji Mann Whitney U (uji perbandingan dua sampel independen) dengan tingkat signifikansi ~0,05. Penelitian itu diuji pada tanggal 1 s/d 19 Juni 2010. Hasil Uji Wilcoxon Sign Rank Test pada kelompok perlakuan menunjukkan bahwa bermain puzzle mempunyai tingkat signifikansi terhadap peningkatan kognitif pengembangan dengan p= 0,001, sedangkan hasil uji Mann Whitney U Test p= 0,002. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah usia 5-6 tahun. Bermain puzzle adalah direkomendasikan untuk orang tua, institusi, guru yang menggunakan permainan ini untuk membantu perkembangan kemampuan kognitif anak. Penelitian lebih lanjut harus melibatkan perkembangan lain seperti perkembangan motorik halus dan keterampilan sosial untuk mendapatkan lebih banyak efek nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Prasekolah, PUZZLE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HIDAYATI MUMPUNI, -NIM 010610014 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDYuni Sufyanti Arief,, S.Kp., M.Kes0006067802
UNSPECIFIEDIlya Krisnana,, S.Kep., Ns0028098106
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item