PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KLINIK PRECEPTORSHIPTERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PERAWAT DI RUANG GENERAL RUMAH SAKIT SURABAYA INTERNASIONAL

HERMINIA HADIAH JEHADU, - (2007) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KLINIK PRECEPTORSHIPTERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PERAWAT DI RUANG GENERAL RUMAH SAKIT SURABAYA INTERNASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
HERMINIA HADIAH JEHADU20240308_14452433.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian kompetensi perawat akademi keperawatan saat ini belum tercapai sudah optimal. Hal ini disebabkan oleh adanya proses pembelajaran klinik ketika berada di dunia pendidikan masih menggunakan cara konvensional. Metode ini tidak membantu memperbaiki kompetensi peserta pendidikan sehingga ketika mereka bekerja. Saat ini Rumah Sakit Internasional Surabaya telah menerapkan metode preceptorship yaitu digunakan untuk meningkatkan kompetensi perawat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pembelajaran klinik terhadap preceptorship terhadap pencapaian kompetensi perawat. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen dan populasinya adalah perawat eksekutif dengan pekerjaan antara 0-3 tahun di ruang umum Rumah Sakit Internasional Surabaya (RSSI), cara pengambilan sampelnya adalah purposive pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok aplikasi dan kelompok kontrol. Variabel independen dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran klinik preceptorship dan variabel dependen yaitu pencapaian kompetensi perawat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan respon·, selanjutnya data diatas dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney U Test nilai maknanya adalah p :S 0,05. Hasil pemeriksaan menunjukkan pencapaian kompetensi personal kebersihan dan pemeliharaan lingkungan p=0,143 berarti tidak ada pengaruhnya metode preseptor. Hasil pemeriksaan menunjukkan pencapaian uji kompetensi pengukuran tanda vital p=0,001, prosedur administrasi bangsal p=0.003,penerimaan pasien baru p=0.001,untuk menjemput dan mengantarkan pasien p=0.003, pengobatan p=0.000, penggunaan peralatan medis p=0.000, keperawatan prosedur p= 0,000 dan tindakan keperawatan p= 0,030. Nilai p untuk mencapai kompetensi lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara metode pembelajaran klinik preceptorship terhadap kompetensi perawat pencapaian Berdasarkan uraian di atas, metode preceptorship berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi perawat, oleh karena itu perlu dijadikan sebagai orientasi standar untuk perawat baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preceptorship, Kompetensi, Perawat
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HERMINIA HADIAH JEHADU, -NIM 010531087 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAh. Yusuf,, S.Kp. Mkes0001016716
UNSPECIFIEDJoni Haryanto, , S.Kp. Msi0008066305
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item