Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat Dalam Meminimalkan Stress Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya

A’an Dwi Sentana, - (2002) Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat Dalam Meminimalkan Stress Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (SKRIPSI)
3. A’an Dwi Sentana.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stress akibat hospitalisasi merupakan masalah yang sering terjadi pad a klien rawat inap di rumah sakit, terutama pada anak-anak. Akan tetapi stress hospitalisasi ini harus dikurangi sampai anak bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah sakit sehingga akan mempercepat penyembuhan. Perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan berkewajiban menurunkan stress hospitalisasi dengan memifiki pengetahuan dan sikap dalam meminimalkan stress akibat hospitalisasi. Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap perawat dalam meminimalkan stress akibat hospitalisasi ! maka di lakukan penelitian di ruang anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya Desain yang digunakan Cross Sectional dimana pengukuran variabel dilakukan satu kalL 8esarnya sample 32 orang yang pemilihannya dengan Non Probability Sampling tipe Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan uji korelasi Spearman rho ( r) dengan tingkat kemaknaan p = 0,05. Hasil darl uji korelasi Spearman rho ( r ) di dapatkan derajat kemaknaan p = O,01dan koefisien korefasi 0,573 yang bera,;i ada hubungan bermakna antara pengetahuan dan sikap perawat dalam meminimalkan stress akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah. Dapat disimpulkan ada hubungan yang sedang antara pengetahuan dan sikap serta ada kecenderungan bahwa semakin tinggi pengetahuan semakin baik sikapnya terhadap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dan sikap perawat – meminimalkan stress hospitalisasi pada anak pra sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
A’an Dwi Sentana, -NIM019930124 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Warsiki, -NIDN8829940017
Thesis advisorYessy Dessy Arna, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:10
Last Modified: 19 Mar 2024 01:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item