PENGARUH BLADDER RETRAINING TERHADAP RETENSI URINE PADA KASUS CEDERA TULANG BELAKANG YANG MENGALAMI NEUROGENIC BLADDER DI IRNA DAN POLI BEDAR ORTOPEDI RSU Dr. SOETOMO

Hidayatus Sya'diyah, - (2024) PENGARUH BLADDER RETRAINING TERHADAP RETENSI URINE PADA KASUS CEDERA TULANG BELAKANG YANG MENGALAMI NEUROGENIC BLADDER DI IRNA DAN POLI BEDAR ORTOPEDI RSU Dr. SOETOMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
HIDAYATUS SYA'DIYAH_010230468 B.pdf

Download (21MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Bladder retraining (latihan kandung kemih kembali) dengan teknik CIC (Clean Intermittent Self Catheteriz.ation) merupakan cara yang digunakan untuk menguatkan otot kandung kemih dan rangsangan berkemih dengan menggunakan kateter secara bersih, berkala dan mandiri. Hal ini dapat digunakan untuk pasien dengan keluhan retensi urine pada cedera tulang belakang yang mengalami neurogenic bladder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bladder retraining terhadap retensi urine pada pasien cedera tulang belakang yang mengalami neurogenic bladder di IRNA dan Poli Bedah Ortopedi RSU Dr. Soetomo Surabaya Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan one group pre-post test non control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Sampel yang didapatkan sebanyak 10 responden sesuai dengan kriteria inklusi. V ariabel independen dalam penelitian ini adalah bladder retraining, sedangkan variabel dependennya adalah retensi urine. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observas~ kemudian data dianalisa dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil menunjukkan bahwa ada perubahan atau perbedaan keluhan dan residu urine antara sebelum dan sesudah tindakan dengan hasil uj(Wilcoxon Match Pairs Test. Pada keluhan didapatkan angka Z = - 2,739 dengan tingkat signifikansi 0,006 (p :S 0,05) dan residu urine didapatkan angka Z = -3,162 dengan tingkat signifikansi 0,002 (p :S 0,05). Hal ini dapat dibuktikan bahwa bladder retraining berpengaruh pada retensi urine pada kasus cedera tulang belakang yang mengalami neurogenic bladder. Kesimpulannya hipotesa diterirna, namun perlu penelitian lebih lanjut dengan responden yang lebih banyak dan penggunaan instrumen yang lebih tepat sehingga hasil yang didapatkan lebih akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cedera Tulang Belakang, Neurogenic Bladder, Retensi Urine,Bladder Retraining.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Hidayatus Sya'diyah, -NIM 010230468 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDKusnanto, S.Kp., M.Kes0029086803
UNSPECIFIEDSumiani,, S.Kep., NsUNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131837
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item