PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PERILAKU PEMAKAIAN FACE MASK PADA PENGRAJIN KAYU DESA WADUNG ASRI SIDOARJO

HIKMAH NUR FITRIANA, - (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PERILAKU PEMAKAIAN FACE MASK PADA PENGRAJIN KAYU DESA WADUNG ASRI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
HIKMAH NUR FITRIANA_131111096.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Menghirup debu secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Alveoli mengeras dapat mengakibatkan berkurangnya elastisitas. Pengrajin kayu mempunyai risiko tinggi terkena dampaknya menghirup debu kayu selama bekerja. Mengakibatkan menurunnya derajat kesehatan. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan brainstorming metode terhadap perilaku pengrajin dalam menggunakan masker. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental metode (Desain tes pra-pasca satu kelompok). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 17 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penerapan metode brainstorming sedangkan variabel terikatnya adalah pengetahuan, sikap dan tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, angket dan observasi kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan signifikansinya tingkat a:S0.05. Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode brainstorming berpengaruh terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,002) dan tindakan (p=0,005) pengrajin dalam menggunakan masker. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan kesehatan dengan metode brainstorming dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan pengrajin dalam memakai masker. Pendidikan kesehatan dengan Metode brainstorming dapat dijadikan salah satu alternatif metode pendidikan kesehatan di Indonesia memakai masker wajah. Penelitian selanjutnya diharapkan membuat makalah observasi wajib divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming, Perilaku, Serbuk Kayu, Pengrajin, Masker
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
HIKMAH NUR FITRIANA, -NIM 131111096
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNinuk Dian K, S.Kep.,Ns.,MANP0016037703
UNSPECIFIEDIka Yuni Widyawati,, S.Kep.,Ns.,M.Kep,Ns.Sp.Kep.MB0705067802
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item