Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Komik Terhadap Perilaku Pencegahan Obesitas Siswa Kelas 4 Sdn Kedungdoro V No. 310 Surabaya

Ayu Dyah Lestari, - (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Komik Terhadap Perilaku Pencegahan Obesitas Siswa Kelas 4 Sdn Kedungdoro V No. 310 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
5. 131011019.pdf

Download (18MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Obesitas merupakan penyakit metabolik pada anak dan dewasa dengan penyebaran terluas menjadi masalah di seluruh dunia. Anak perlu melakukan pencegahan obesitas sejak dini. Media komik merupakan salah satu media yang cocok digunakan untuk pendidikan kesehatan mengenai pencegahan obesitas pada anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikart kesehatan melalui media komik terhadap perilaku pencegahan obesias siswa kelas 4 SD. Metode: desain penelitian ini adalah praexperimental dengan menggunakan total sampling. Populasinya adalah anak kelas 4 8D sebanyak 35 siswa. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan melalui media komik pada siswa kelas 4 di SDN Kedungdoro V Surabaya dan variable dependen adalah perilaku pencegahan obesitas pada siswa kelas 4 SD. Proses pengambilan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tingkat kemaknaan p:SO,05. Hasil: uji statistik menggunakan wilcoxon test. Hasil uji statistik pengetahuan signifIkan didapatkan p=O,OOO (p<O,05), uji statistic sikap signifIkan didapatkan p=O,006 (p<O,05), uji statistik tindakan signifIkan didapatkan p=O,OOO (p<O,05). Nilai tersebut mengindikasikan terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan obesitas melalui media komik. Kesimpulan: pendidikan kesehatan pencegahan obesitas melalui media komik dapat meningkatkan perilaku siswa kelas 4 SD di SDN Kedungdoro V Surabaya. Media komik dapat digunakan secara b€rk€sinambungan untuk p€ndidikan kes€hatan pada anakn usia sekolah. Diharapkan pada peneliti selanjutna dilakukan peduasan sampel dan adana kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media komik, perilaku, pencegahan obesitas
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ayu Dyah Lestari, -NIM 131011019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAh Yusuf, -NIDN 0001016716
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:31
Last Modified: 19 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item