PENGARUH SENAM NIFAS TERHADAP FASE PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN PASCA SEKSIO SESAREA DI RUMAH SAKIT PEMBANTU 05.08.04 LAWANG

HILDA FARITASARI, - (2008) PENGARUH SENAM NIFAS TERHADAP FASE PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN PASCA SEKSIO SESAREA DI RUMAH SAKIT PEMBANTU 05.08.04 LAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
HILDA FARITASARI_010410723 B.pdf

Download (47MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dekade terakhir, perempuan hampir lebih memilih untuk menjalani operasi caesar, dan hal ini berkembang pesat di Indonesia. Operasi caesar memiliki banyak risiko bagi ibu dan bayinya, termasuk penyembuhan luka infeksi. Salah satu cara untuk memulihkan lukanya adalah dengan melakukan senam pasca melahirkan. Hal ini akan meningkatkan oksigen dan nutrisi wanita dalam aliran darah serta meningkatkan hormon endorfin untuk mendapatkan kekebalan yang lebih baik. Yang terpenting adalah peningkatan oksigen dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Penelitian ini merupakan penelitian post test only non random group design. Populasinya adalah wanita yang menjalani operasi caesar baik elektif maupun darurat di Ruang Bersalin RS Pembantu 05.08.04 Lawang Malang. Sampel diambil secara konsekutif sampling, diperoleh 30 sampel sesuai kriteria inklusi yang dibagi menjadi 2 kelompok. Terdiri dari 15 orang pada kelompok intervensi dan 15 orang pada kelompok kontrol. Variabel yang diamati adalah fase penyembuhan luka pada pasien pasca operasi caesar. Data penyembuhan luka dikumpulkan dengan instrumen penyembuhan luka, dilakukan dengan wawancara dan observasi pada hari ke 3 pasca operasi caesar. Data dianalisis dengan Uji Mann Whitney dengan p:S 0,005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang diberikan intervensi olahraga pasca melahirkan mempunyai kecepatan penyembuhan luka yang lebih cepat dibandingkan kelompok kontrol. Uji Mann Whitney menunjukkan nilai p = 0,031. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga pasca melahirkan mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap fase penyembuhan luka pada kelompok yang diintervensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Senam Pasca Melahirkan, Fase Penyembuhan Luka
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HILDA FARITASARI, -NIM 010410723 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDKusnanto,, S.Kp.; M.Kes0029086803
UNSPECIFIEDEsty Yunitasari,, S.KpUNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item