FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN" ORANG TUA OALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI POLl ANAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

EN DANG SUARTINI, - (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN" ORANG TUA OALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI POLl ANAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ENDANG SUARTINI 010110232 R20240228.pdf

Download (20MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masih tingginya angka morbilitas dan mortalitas akibat penyakit demam berdarah dengue ini perlu dilakukan pengkajian tentang karakteristik orang tua dan usaha pencegahan yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik orang tua dan peran pelaksanaan tindakan pencegahan penyakit demam berdarah dengue pada anak balita diruang poli anak RSUD Dr. Soetomo, maka telah dilakukan penelitian mulai tanggal 10 Juni sampai dengan 28 Juni 2002 desain yang digunakan adalah cross sectional dengan variabel independen karakteristik orang tua meliputi usia, pendidikan, dan pengetahuan. Sedangkan variabel independen adalah peran pelaksanaan tindakan pencegahan penyakit demam berdarah dengue. Sejumlah 36 responden diseleksi dengan menggunakan non probability sampling (purposive sampling). Pengolahan data dengan menggunakan uji statistik spearman rho dengan tingkat kemaknaan p ~ 0,05. Hasil dari analisa didapatkan tidak ada hubungan antara usia dan orang tua dengan tindakan pencegahan mempunyai nilai signifikansi p = 0,680 > 0,05, koefisien korelasi r = 0,071. Hal ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang bermakna antara tingkat usia dan tindakan pencegahan. Ada hubungan karakteristik pendidikan dengan tindakan pencegahan mempunyai nilai signifikansi p = 0,001 < 0,05, koefisien korelasi 0,519 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara karakteristik pendidikan dan tindakan pencegahan. Serta ada hubungan pengetahuan orang tua dan tindakan pencegahan mempunyai nilai signifikansi p 0,000 < 0,05, koefisiensi korelasi r 0,578 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan orang tua dan tindakan pencegahan. Dari hasil penelitian tetap disarankan per\unya ditingkatkan peran orang tua dalam pencegahan penyakit demam berdarah dengue, mengingat orang tua merupakan dukungan yang terpenting, khususnya dalam usaha pencegahan demam berdarah dengue dan perawat memberikan penyluhan sebagai promosl kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
EN DANG SUARTINI, -NIM010110232 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorYUNI SUFYANTI ARIEF, -NIDN0006067802
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:18
Last Modified: 20 Mar 2024 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131871
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item