RELEVANSI ILMU BIOMEDIK DALAM MENDUKUNG PROGRAM PROFESI DI BAGIAN MEDIKAL BEDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PSIK PROGRAM B FK UNAIR)

NINUK DIAN KURNIAWATI, - (2003) RELEVANSI ILMU BIOMEDIK DALAM MENDUKUNG PROGRAM PROFESI DI BAGIAN MEDIKAL BEDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PSIK PROGRAM B FK UNAIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TETXT)
NINUK DIAN KURNIAWAT_010130297 B.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kompetensi mahasiswa ditunjukkan melalui keterlibatannya dalam dunia profesional program masih kurang dari yang diharapkan. Program Studi Keperawatan di Airlangga Fakultas Kedokteran Universitas mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan perawat yang profesional yang mempunyai dasar ilmiah dan profesional yang dapat diandalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap relevansi ilmu biomedis, kompetensi mahasiswa di bidangnya departemen bedah medis, dan relevansi kedua variabel. Penelitian ini merupakan studi kasus, yang melibatkan sampel 20 orang dari 72 orang mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Tahun III, Program B. Sampel didaftarkan menggunakan metode purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Datanya adalah dianalisis dengan uji regresi logistik dengan taraf signifikansi p_:s 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di departemen medikosurgical profesional kompetensi memiliki relevansi dengan ilmu biomedis (fisiologi, biokimia, patologi klinis, farmakologi, dan psikoneuroimunologi) dengan masing-masing tingkat signifikansi sebesar 0,013, 0,021, 0,015, 0,05, dan 0,007. Dapat disimpulkan bahwa ilmu biomedis memiliki relevansi dengan praktik kompetensi di departemen bedah medis. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi tenaga kependidikan di Program Studi Keperawatan dalam rangka mewujudkan a kurikulum keperawatan yang sesuai dengan peran perawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Biomedis, Kompetensi Profesional Mahasiswa Pada Departemen Bedah Medis Vll
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
R Medicine > RD Surgery
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NINUK DIAN KURNIAWATI, -NIM 010130297 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNursalam,, Mnurs (Hons)0025126601
UNSPECIFIEDAchmad Yusuf,, SKpUNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131893
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item