Daya Antibakteri Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium Guaja,A Linn) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli Secara Invitro

Tri Endah Purbowati (2004) Daya Antibakteri Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium Guaja,A Linn) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli Secara Invitro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI Psidium guajava linn20240206_14121517.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini. adalah untuk mengetahui daya antibakterial Ekstrak Daun Jambu Biji dan besrtraya konsentrasi Ekstrak Daun Jambu Biji yang mampu menghambat pertumbuhan serta membun!lh bakteri Escherichia coli seeara invitro. Penelitian menggunakan uji kepekaan metode dilusi dengan menggunakan lima kali ulangan. Konsentrasi Ekstrak Daun Jambu Biji yang digunakan adalah 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. Inokulat yang digunakan yaitu isolat bakteri Escherichia coli strain ATCC 25922 yang diperoleh dari Laboratorium Bakteriologi dan Mikologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Kepadatan suspensi bakteri disesuaikan dengan standart Me. Farland no 1, masing-masing konsentrasi Ekstrak Daun Jambu Biji diambil 1ml dan ditambah suspensi bakteri Escherichia coli sebanyak 1ml. Kemudian diinkubasi pada suhu 37°C selama 24 jam, dari masingmasing konsentrasi diambil menggunakan ose untuk ditanam pada media MHA (Muller Hinton Agar) dengan metode streak, kemudian diinkubasi pada suhu 37°C selama 24 jam dan dilihat hasilnya. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak lima kali. Peubah yang diamati adalah konsentrasi terendah yang mampu membunuh bakteri tersebut (MBC). Penelitian ini menggunakan raneangan aeak lengkap dan data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisa pro bit dan che square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekstrak Daun Jambu Biji pada konsentrasi 5% mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan pada konsentrasi 10% mampu membunuh bakteri Escherichia coli, sedangkan hasil analisa probit menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi Ekstrak Daun Jambu Biji semakin kecil nilai probabilitas pertumbuhan bakteri Escherichia coli, dan hasil uji che squre menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sangat nyata antara penambahan masingmasing konsentrasi Ekstrak Daun lanbu Biji dengan Pertumbuhan bakteri Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VETERINARY MEDICINE
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Tri Endah Purbowati060012799
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Chusniati0017125703
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:22
Last Modified: 19 Mar 2024 03:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131905
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item