Pemeliharaan Larva Udang Galah (Macrobrachium Rosenbergii De Man) Di Balai Benih Udang Galah Prigi

Ayudha Dyah Nurekawati, - (2000) Pemeliharaan Larva Udang Galah (Macrobrachium Rosenbergii De Man) Di Balai Benih Udang Galah Prigi. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
6. 069610106-K.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii de Man) merupakan udang yang hidup di air tawar, sedangkan larvanya hidup di air payau. Udang Galah dalam bahasa Inggris disebut GianI fresh Waler Prawn, adalah jenis udang air tawar yang dapat mencapai ukuran paling besar dan mempunyai nilai ekonomis penting. Selain itu udang galah mempunyai keistimewaan yaitu mempunyai kandungan lemak rendah, nilai protein tinggi, dan perawatannya tidak terlalu sulit. Oleh karena itu, dewasa ini, budidaya udang galah semakin banyak dilakukan. Menurut Hadie (1984), dengan adanya intensifikasi dan ekstensifikasi tambak, maka keperluan akan benih udang galah semakin meningkat. Pemenuhannya tidak bisa hanya menggunakan hasil tangkapan dari alam, sehingga peranan balai benih udang galah terasa semakin penting dan sangat menunjang keberhasilan pengembangan budidaya udang galah. Keberhasilan dalam budidaya tambak tidak terlepas dari kualitas benih yang ditebar. Tersedianya benih tepat jenis, tepat mutu, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat harga tidak hanya mampu menghasilkan produksi maksimal tetapi juga akan menjamin kontinyuitas produksi di tambak. Oleh karena itu dalam sistem pembenihan udang, pemeliharaan larva sangat penting dilakukan untuk mendapatkan produksi dan kualitas yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: larva udang galah; benih udang
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Ayudha Dyah Nurekawati, -NIM 069610106-K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorEndang Dewi Masithah, -NIDN 0012096902
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:23
Last Modified: 19 Mar 2024 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item