Ayu Saadatul Karimah, - (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN STIMULASI IBU DENGAN PERKEMBANGAN ANAK STUNTING USIA BATITA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (Fulltext)
63. 131611133020.pdf Download (68MB) |
Abstract
"Pendahuluan: Stunting menggambarkan keadaan gizi kurang yang sudah berjalan lama. Masalah stunting pada anak akan menghambat perkembangan, hal ini dikarenakan pembentukan sel otak sangat pesat terjadi sejak janin masih dalam kandungan hingga anak berumur 3 tahun, strategi untuk meningkatkan upaya stimulasi perkembangan yang dapat dilakukan oleh ibu cenderung memiliki dampak positif yang sinergis untuk perkembangan anak stunting usia dini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu dan tindakan stimulasi ibu dengan perkembangan anak stunting usia batita. Metode: Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Puskesmas Tlanakan Pamekasan. Jurnlah sampel sebanyak 186 responden dimana pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan check list. Analisis menggunakan uji statistik spearman's rho test. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pengetahuan ibu dengan perkembangan anak stunting usia batita (p=0,000) dan r = 0,496. Hasil uji statistik juga menunjukkan adanya hubungan tindakan stimulasi ibu dengan perkembangan anak stunting usia batita (p=0,000) dan r = 0,549. Kesimpulan: Nilai pengetahuan ibu dan intensitas tindakan stimulasi yang dilakukan ibu berhubungan dengan kualitas perkembangan anak stunting usia batita di Puskemas Tlanakan"
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Jadik jdkyanto Wijayanto | ||||
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:24 | ||||
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:24 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131939 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |