Survey Tentang Pengetahuan Dan Sikap Pehilik Anjing Di Kelurahan Darmo Kecahatan Wonokroho Kotahadya Surabaya Terhadap Rabies

Eka Andrijan Novianto (1996) Survey Tentang Pengetahuan Dan Sikap Pehilik Anjing Di Kelurahan Darmo Kecahatan Wonokroho Kotahadya Surabaya Terhadap Rabies. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
EKA ANDRIJAN NOVIANTO 069011631.pdf

Download (20MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Survey ini bertujuan mengetahui tingkat pengeta-huan dan sikap pemilik anjing terhadap rabies serta menguji hubungan antara pengetahuan dan sikap pemilik anjing terhadap rabies. Survey dilakukan dengan metode kuesioner kepada pemilik anjing di Kelurahan Darmo Kecamatan Wonokromo Kotamadya Surabaya. Materi kuesioner berbentuk pertanyaan pilihan meliputi empat bagian, yaitu : (1) data identitas responden, (2) faktor yang dapat mempengaruhi kejadian rabies,(3) pengetahuan akan rabies dan (4) sikap terhadap rabies. Data tentang pribadi responden dan faktor yang dapat mempengaruhi kejadian rabies dikelompokkan dan ditabulasi dalam bentuk prosentase. Uji Khi Kuadrat digunakan untuk mengetahui hubungan antara masing-masing data identitas responden dan masing-masing faktor yang dapat mempengaruhi kejadian rabies dengan tingkat pengetahuan pemilik anjing. Analisis yang sama juga dilakukan pada tingkat sikap. Pengetahuan terhadap rabies tiap responden dinilai dengan skor nol sampai lima sedang sikap dinilai dengan skor satu sampai lima. Hasil penjumlahan pertanyaan tiap pengetahuan dan sikap dari masing-masing responden dijumlahkan lalu dikelompokkan secara dis-tribusi frekuensi dalam tiga kategori yaitu: baik, cukup dan kurang. Hubungan antara pengetahuan dan sikap diuji dengan Analisa Regresi dan Korelasi. Dalam survey didapatkan 42 responden yang dianggap sebagai sampel di Kelurahan Darmo Kecamatan Wonokromo Kotamadya Surabaya. Pengetahuan dari responden dalam penelitian ini tergolong cukup sedangkan sikapnya tergolong sangat baik. Dijumpai adanya hubungan linier positif antara pengetahuan dan sikap pemilik anjing terhadap rabies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rabies
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Klinik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Eka Andrijan NoviantoNIM069011631
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIwan WillyantoNIDN-
ContributorSorini SoehartojoNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:04
Last Modified: 19 Mar 2024 05:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item