Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat : Pemberdayaan Perempuan dalam Upaya Pemanfaatan Limbah Atas Kerjasama Dharmawanita; BEM FKH UNAIR dan Para Ibu Kel.Mulyorejo ,Kec.Mulyorejo Kota Surabaya

Ajik Azmijah and Rani Plumeriastuti and Dr.Nove Hidayati (2013) Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat : Pemberdayaan Perempuan dalam Upaya Pemanfaatan Limbah Atas Kerjasama Dharmawanita; BEM FKH UNAIR dan Para Ibu Kel.Mulyorejo ,Kec.Mulyorejo Kota Surabaya. Technical Report. UNSPECIFIED, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
Drh Ajik Amijah NIDN 0019115001.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang ada di Kecamatan Mulyosari, Kelurahan Mulyorejo RW 6 Kota Surabaya banyaknya limbah/sampah disekitar kampus yang menimbulkan permasalahan yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan alat rumah tangga dan asesoris rumah tangga. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para perempuan dilingkungan FKH Unair dan di Dukuh Sutorejo dengan cara memanfaatkan limbah, dan juga akan meningkatkan pendapatan di lingkungan tersebut. Manfaat pengabdian masyarakat ini meningkatkan sumber daya perempuan dan meningkatkan ketrampilan ibu rumah tangga di Kel.Mulyorejo,anggota BEM,anggota Dharma Wanita FKH Unair melalui pembinaan ketrampilan produk pemanfaatan limbah, meningkatkan pendapatan, dengan memasyarakatan hasil produk pemanfaatan limbah/sampah, meningkatkan kerjasama antara masyarakat kampus Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga dengan masyarakat sekitar kampus khususnya di daerah kel.Mulyorejo. Khalayak sasaran yang akan diikut sertakan dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah beberapa ibu-ibu rumah tangga sekitar kampus,anggota BEM FKH Unair dan ibu Dharmawanita FKH yang berminat dalam aeara tersebut. Proses seleksi sasaran dilakukan dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan tokoh masyarakat formal (perangkat desa). Metode yang digunakan adalah pendekatan dengan penyuluhan, pelatihan, monitoring evaluasi. Penyuluhan dan pelatihan dilakukan pada tanggal 20 Juli 2013. Peserta yang ikut dalam penyuluhan sebanyak 50 orang. Materi penyuluhan meliputi pengolahan limbah kering menjadi barang yang bermanfaat .Praktek dilakukan bersama membuat barang bekas menjadi barang yang bermanfaat al : bunga yang terbuat kertas kresek, dan tangkai dari kain; kotak tisu dari karton yang dilapisi daun yang dikeringkan, bross kerudung yang terbuat dari kain perca.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Ajik AzmijahNIDN 0019115001
Rani PlumeriastutiNIDN 0008085905
Dr.Nove HidayatiNIDN 0015116501
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:12
Last Modified: 19 Mar 2024 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item