Analisis Penerapan Metode Hiradc Sebagai Upaya Pengendalian Risiko Bahaya Pada Proses Produksi Baterai Di PT. Wijaya Karya Industri Energi, Tbk. Komplek Industri Wika Bogor

Annisa Nurul Izza, - (2022) Analisis Penerapan Metode Hiradc Sebagai Upaya Pengendalian Risiko Bahaya Pada Proses Produksi Baterai Di PT. Wijaya Karya Industri Energi, Tbk. Komplek Industri Wika Bogor. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
42. 101811133202.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Terdapat sumber potensi bahaya dengan kategori risiko sedang dan rendah, dari kategori risiko tinggi, sedang dan rendah. Terdapat aktivitas yang diamati di pabrik baterai PT. Wijaya Karya Industri Energi Tbk. yang terdiri dari aktivitas penerimaan dan penyimpanan material serta aktivitas lainnya seperti sortir cell, grouping cell, welding spot, soldering BMS, BMS test, comprehensive test, aging test, covering baterai pack, assembly komponen panel baterai box, dan packing baterai box. Dari pengamatan terhadap aktivitas tersebut dapat diidentifikasikan terdapat 56 potensi bahaya. Dari hasil penilaian risiko terdapat 2 potensi bahaya dengan kategori tinggi, 38 potensi bahaya dengan kategori risiko sedang dan 16 potensi bahaya dengan kategori rendah. Alternatif untuk pengendalian risiko terhadap sumber potensi bahaya adalah dengan menghilangkan bahaya, penggantian alat atau pekerjaan, pengendalian dengan rekayasa teknik, melakukan pemisahan alat atau pekerjaan, pengendalian kebijakan terhadap alat maupun pengoperasiannya serta penggunaan alat pelindung diri (APD).

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: produksi baterai; penangan resiko; kesehatan keselamatan kerja
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Nurul Izza, -NIM101811133202
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIndriati Paskarini, -NIDN0011046603
ContributorAndri Hidayah, -NIDN-
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:27
Last Modified: 19 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131982
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item