ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN FREKUENSI PENERAPAN METODE BIMBINGAN KLINIK BEDSIDE TEACHING PADA PEMBIMBING KLINIK DI INSTALASI RAWAT INAP BEDAR DAN MEDIK RSU Dr. SOETOMO SURABAYA

NITA DANIWATI ALI, - (2006) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN FREKUENSI PENERAPAN METODE BIMBINGAN KLINIK BEDSIDE TEACHING PADA PEMBIMBING KLINIK DI INSTALASI RAWAT INAP BEDAR DAN MEDIK RSU Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
NITA DANIWATI ALI_010430828 B.pdf

Download (31MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Siswa, dilakukan di samping tempat tidur klien, yang terdiri dari kegiatan mengamati keadaan klien dan asuhan keperawatan yang diperlukan klien. Untuk memperoleh hasil yang optimal, diperlukan peran pendidik klinis yang menerapkan pedside mengajar sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan metode pendidikan klinis pengajaran samping tempat tidur. Penelitian ini dilakukan di Bangsal Bedah dan Kedokteran dr. Soetomo Rumah Sakit Surabaya, dengan sampel sebanyak 24 responden. Penelitian ini digunakan desain penampang. Data diambil dengan menggunakan angket dan observasi, dan dianalisis menggunakan uji logistik regresi dengan tingkat signifikansi 0,05 untuk menemukan korelasi antara kapasitas pendidik klinis dalam menerapkan metode bedside teaching dan hubungan fasilitas dan peralatan dengan penerapan pedside mengajarkan metode pendidikan klinis. Hasil uji statistik regresi logistik menunjukkan 0,40~ dengan tingkat signifikansi 0,05, menunjukkan tidak ada korelasi antara pendidik klinis kemampuan dan penerapan bedside teaching~ dan 0,020 dengan tingkat signifikansi < 0,05, menunjukkan korelasi yang signifikan antara fasilitas dan peralatan dengan penerapan pengajaran di samping tempat tidur. Kesimpulannya, kemampuan pendidik klinis tidak ada korelasinya dengan penerapan pengajaran di samping tempat tidur, sementara fasilitas dan peralatan memadai harus dimiliki korelasi dengan penerapan pengajaran samping tempat tidur yang andal. Kami memerlukan studi lebih lanjut tentang hal ini korelasi antara motif pendidik klinis dan penerapan pengajaran di samping tempat tidur metode pendidikan klinis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keperawatan Bedside Teaching, Kemampuan, Pendidik Klinis, Peralatan Dan Fasilitas, Penerapan Pengajaran Di Samping Tempat Tidur
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NITA DANIWATI ALI, -NIM 010430828 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDI Ketut Sudiana,, Dr drs, M.Si,0005075507
UNSPECIFIEDSyamilatul Khariroh,, S.Kp, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item