HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA TUNARUNGU DI SMALB-B KARYA MULIA SURABAYA

NANIK NURMAWATI, - (2010) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA TUNARUNGU DI SMALB-B KARYA MULIA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
NANIK NURMAWATI_010510982 B.pdf

Download (31MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kecacatan fisik seperti ketulian dapat mempengaruhi konsep diri remaja secara negatif. Konsep diri yang rendah dapat mempengaruhi prestasi belajar remaja ini. Konsep diri pada siswa tuna rungu di SMA Luar Biasa Karya Mulia di Surabaya 9 (90%) dari 10 siswa merasa malu dengan kondisi penyandang tuna rungu yang dimilikinya dialami, 70% merasa malu atau malu ketika berada di dekat teman atau orang yang normal, 50% mengatakan marah bila dihina orang lain karena tuli. Ini mengakibatkan terganggunya konsep diri, khususnya citra diri dan diri sendiri menghargai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi antar diri konsep dengan prestasi belajar siswa tunarungu di SMA Luar Biasa Karya Mulia SMA di Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Itu Populasinya adalah siswa SMA Luar Biasa Karya Mulia. A sampel berjumlah 20 responden yang diambil dengan menggunakan metode acak proporsional pengambilan sampel sebagai sampel. Variabel bebas penelitiannya adalah diri siswa tunarungu konsep, dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa tunarungu. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji spearman rho dengan taraf signifikansi a:S0,05 . Hasil menunjukkan bahwa ada Ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa tunarungu (p=0,035 dan r= 0,474). Siswa yang mencapai nilai sangat baik dikategorikan dalam sekelompok siswa dengan konsep diri yang buruk tetapi hal itu dapat terjadi karena minat dan motivasi belajar pada siswa tunarungu. Kesimpulannya adalah siswa yang memiliki a konsep diri yang buruk dapat mencapai nilai pembelajaran yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah minat dan motivasi siswa untuk belajar belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Prestasi Belajar, Siswa, Tunarungu
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NANIK NURMAWATI, -NIM 010510982 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAh. Yusuf.,, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNinuk Dian Kurniawati.,, S.Kep.,Ns0016037703
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:22
Last Modified: 21 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item