ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE TERHADAP DERAJAT DEPRESI PADA WANITA MENOPAUSE IBU-IBU PKK DESA BRANOKAL KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

NOER SAUDAH, - (2002) ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE TERHADAP DERAJAT DEPRESI PADA WANITA MENOPAUSE IBU-IBU PKK DESA BRANOKAL KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
NOER SAUDAH_019930118 B.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Wanita yang mengalami menstruasi tentunya akan melewati masa menopause dalam hidupnya waktu. Menopouse mempunyai efek samping dan dapat menimbulkan banyak perubahan baik secara fisik maupun secara mental. Secara fisik bisa berupa perubahan pada alat reproduksi dan lain-lain. Perubahan psikologis terdiri dari: misalnya menurunnya konsentrasi, putus asa, stres dan depresi. Depresi pada wanita menopause tidak hanya itu disebabkan oleh menopouse itu sendiri tetapi juga karena anggapan yang salah mengenai menopouse. Mereka beranggapan bahwa menopause adalah masa berhentinya menstruasi yang juga berarti fungsi seksual itu juga akan berhenti. Anggapan ini ada karena adanya kekurangan pengetahuan tentang menopause bagi sebagian wanita. Penelitian ini diusulkan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan menopouse dengan stadium depresi pada menopouse perempuan anggota PKK di Brangkal, Sooko, Kabupaten M~jokerto, pada tahun 2001. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hal itu dilakukan di a secara cross sectional. Sampel diambil dari ibu-ibu PKK yang sudah menopause anggotanya di Desa Brangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Dibutuhkan 30 wanita sebagai subjek penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel non-prabahility, jenis pengambilan sampel berturut-turut. Pengolahan data menggunakan uji chi-square dengan cara mendesain tingkat tujuan pada p ~ 0, 1. Hasilnya menyatakan X2 = 2,59 dan p = 0, 1. Sehingga kita dapat Dikatakan, pengetahuan wanita mengenai menopause berpengaruh signifikan terhadap tahapan depresi pada perempuan menopause anggota PKK di desa Brangkal, Sooko, Kabupaten Mojokerto. Menurut penelitian ini, perawat dan staf medis harus melakukan hal ini mensosialisasikan masalah menopause guna mencegah depresi, mendapatkan hidup bahagia dan diam-diam di usia tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Menopouse, Depresi
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NOER SAUDAH, -NIM 019930118 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSunarko Setyawan,, Dr. dr, MSUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDYuni Sufianti,, S.Kp.UNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:22
Last Modified: 21 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item