PENGARUH PENERAPAN PERAN PERAWAT KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KELUARGA DAIAM·PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA DI RT.I - 4 RW. 3 KELURAHAN RUNGKUT TENGAH KECAMATAN GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA

NOORFUADI, - (2002) PENGARUH PENERAPAN PERAN PERAWAT KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KELUARGA DAIAM·PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA DI RT.I - 4 RW. 3 KELURAHAN RUNGKUT TENGAH KECAMATAN GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
NOORFUADI_010030184 B.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk dapat mewujudkan menciptakan keluarga yang sehat, maka keluarga melaksanakan beberapa fungsi dasar keluarga, diantaranya adalah melaksanakan fungsi perawatan kesehatan keluarga. Dalam membantu keluarga meningkatkan fungsi perawatan kesehatan keluarga maka perawat keluarga menerapkan perannya, baik sebagai pendidik, koordinator, pelaksana, pengawas, konsultan, kolaborasi, fasilitator, penemu kasus dan memodifikasi lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari apakah ada pengaruh penerapan peran perawat keluarga terhadap peningkatan fungsi keluarga dalam perawatan kesehatan keluarga. Desain penelitian yang digunakan adalah post and after design. Sampel yang diambil adalah seluruh keluarga yang dilakukan pembinaan kesehatan selama 1 bulan oleh mahasiswa PSIK-FK UNAIR di wilayah RT. I - 4 RW. 3 kelurahan Rungkut Tengah kecamatan Gunung Anyar kota Surabaya yang berjumlah 19 keluarga, dengan menggunakan tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil distribusi frekuensi menunjukkan fungsi perawatan kesehatan keluarga sebelum penerapan peran perawat keluarga yang memiliki klasifikasi kurang adalah 84 %, klasifikasi cukup adalah I 6 % dan klasifikasi baik adalah 0 %. Sedangkan fungsi perawatan kesehatan keluarga sesudah penerapan peran perawat keluarga yang memiliki klasifikasi kurang adalah I 6 %, klasifikasi cukup adalah 64 % dan klasitikasi baik adalah 21 %. Sedangkan berdasarkan hasil statistik melalui uji Wilcoxon diperoleh data dengan signifikansi 0,00 (p ~ 0,05). Hal ini menunjukkan ada pengaruh penerapan peran perawat keluarga terhadap peningkatan fungsi perawatan kesehatan keluarga. Sehingga semakin baik penerapan perawat keluarga maka semakin meningkat fungsi perawatan kesehatan keluarga, sehingga perlu upaya untuk meningkat penerapan peran perawat keluarga yang lebih baik guna membantu keluarga mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Perawat, Perawatan kesehatan, Fungsi
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NOORFUADI, -NIM 010030184 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDF. Sustini, Dr dr, MSUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDJoni Harvanto, SKp0008066305
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:22
Last Modified: 21 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item