Perbandingan Efektifitas Formalin 0,05% Dengan Acetylethyleneimine (Aei) 0,05% Sebagai Inaktifan Terhadap Virus Penyakit Mulut Kuku (Pmk) O Java 83

Mochamad Lazuardi (1984) Perbandingan Efektifitas Formalin 0,05% Dengan Acetylethyleneimine (Aei) 0,05% Sebagai Inaktifan Terhadap Virus Penyakit Mulut Kuku (Pmk) O Java 83. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
21. Mochamad Lazuardi.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Vaksinasi adalah salah sate cara uencegahan timbul nya wabah Penyakit Mulut Kuku ( PMK ), dimana hingga scat ini dibeberapa propinsi Indonesia masih belum bebas. Bah¬kan pida bulan dull 1985, timbul leti/pan wabah di Pulau da wa yang dikenal dengan type 0 strain Java 83. Seperti vi¬rus PMK pada umumnya, virus ini tergolong Pico RNA single-stranded. Dalam kaitannya dengan vaksin, tidak.lepers dari masa lah inaktifan. untuk pembuatan vaksin inaktif. .Salah sa¬tu cara inaktifasi adalah dengan menambahkan bahan inakti¬fan pada suspensi virus, Beberapa bahan kimia yang sering digunakan adalah Be ta-propiolactone, Hydroxylamine, Acetylethyleneimine ( AE¬I ), Ulycidaldehyde ( GDA ), Ethylethyleneirriine ( EEl ) dan yang tergolong p.ling lama adalah Formalin. Dari hasil penelitian, ternyata AEI lebih cepat meng inaktifkan virus dibanding Formalin. Terbukti dengan ce¬patnya pencapaian harga 0 TOIL'0 iml pads. kelompok contoh akibat pemberian. AEI. Disamping itu diperoleh hasil, deng an makin lamanya waktu inaktifasi makin menurun titer vi¬rus hingga didawtkan harga titer 0 TOID50/ml. Pada penelitian ini diperoleh waktu inaktifasi yang berkisar antara 24-36 jam, hal ini diseb,2bkan waktu penga¬matan relatif lama yaitu 12 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Formalin, Virus, Penyakit Mulut Kuku
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Mochamad Lazuardi-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoelistyanto-
Thesis advisorRahayu ErnawatiNIDN0003105002
Thesis advisorAgustinus Wiryono-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:25
Last Modified: 20 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item