Hubungan Respon Keluarga Dan Dukungan Terapiutik Pada Perawatan Klien Dengan Ketergantungan Napza (Penelitian Deskriptif Cross-Sectional Di RSJ Dr. Radjiman Widyoningrat Lawang)

Eka Rudy Purwana (2024) Hubungan Respon Keluarga Dan Dukungan Terapiutik Pada Perawatan Klien Dengan Ketergantungan Napza (Penelitian Deskriptif Cross-Sectional Di RSJ Dr. Radjiman Widyoningrat Lawang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
EKA RUDY PURWANA 200320240305.pdf

Download (33MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ketelibatan dan peran serta keluarga dalam usaha perawatan klien dengan ketergantungan NAPZA sangat menentukan keberhasilan dalam usaha pemulihan keadaan klien yang mengalami, ketergantungan NAPZA. Terbentuknya mekanisme koping keluarga dalam menghadapi masalah keluarganya sangat ditentukan oleh respon awal saat keluarga merasa terancam oleh stressor karena salah satu keluarga yang menderita ketergantungan NAPZA. Respon awal ini akan menentukan kualitas dukungan terapiutik yang diberikan selanjutnya dalam perawatan klien. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui hubungan antara respon keluarga dengan dukungan terapiutik dalam perawatan klien dengan ketergantungan NAPZA. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dengan pendekatan Korelasi Chi Squares. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk menilai tingkat respon dan lembar observasi untuk menilai dukungan terapiutik keluarga. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan Simple Random Sampling. Variabel yang diukur adalah tingkat respon keluarga (Dependent Variabel). Setelah data terkumpul, peneliti melakukan tabulasi data dengan mengelompokkan data sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan, kemudian diujikan dengan menggunakan Uji statistik Korelasi Chi Square dengan tingiutt kemak-naan p < 0,05 dan α= 95 % Setelah dilakukan penelitian, peneliti memperoleh hasil penelitian, bahwa memang ada hubungan yang sangat bermakna ( hubungan negatif) antara respon keluarga dengan dukungan terapiutik Hubungan ini dinilai diperoleh pada nilai signifikannya 0.000 pada level 0.05 dan cc = 95 % . Pada tingkatan respon keluarga yang diujikan dengan dukungan terapeutik menghasilkan bentuk dukungan yang berbeda-beda dan sifat dukungan yang berbeda pula. Setiap keluarga yang mengalami masalah yaitu salah satu anggota keluarganya ketergantungan NAPZA melalui tahapan respon psikologis dari menolak sampai menerima serta menghasilkan pola dukungan yang berbeda pula

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon Keluarga dan Dukungan terapiutik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Eka Rudy PurwanaNIM010110357
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNursalamNIDN0025126601
ContributorGuntur SupriyantoNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:12
Last Modified: 20 Mar 2024 03:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item