HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEKAMBUHAN PADA KLIEN SIROSIS HATI DI INSTALASI RAWAT INAP RSU DR. SOETOMO SURABAYA

NIKEN CHRISTIANA ENDAH KUSUMAWATI, - (2004) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEKAMBUHAN PADA KLIEN SIROSIS HATI DI INSTALASI RAWAT INAP RSU DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
83. 010230472 B.pdf

Download (19MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Komplikasi serius dari penyakit Hepatitis Viral Tipe B atau C salah satunya adalah Sirosis Hati yang sering menimbulkan kekambuhan. Upaya pencegahan kekambuhan Sirosis Hati sangat tergantung pada pengetahuan dan tindakan pencegahan kekambuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan pengetahuan dan tindakan klien Sirosis Hati dalam pencegahan kekambuhan yang dirawat di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Desain study yang digunakan adalah pendekatan studi cross sectional dengan pengambilan sam pel secara consecutive sampling. Sampel yang diteliti sejumlah 30 responden yang terdiri dari 24 orang laki-Iaki dan 6 orang perempuan. Variabel independen adalah pengetahuan penderita tentang Sirosis Hati, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah tindakan pencegahan kekambuhan Sirosis Hati. Data dikumpulkan dengan kuesioner terstruktur kemudian dilakukan analisa dengan Spearman's Rank Correlation dengan tingkat kemaknaan a 0,05. Hasil penelitian sesuai dengan ""Spearman's rho"" menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dan tindakan pencegahan kekambuhan (p = 0,01, r = 0,717) dengan derajat kekuatan hubungan antara variabel pengetahuan dengan tindakan pencegahan kekambuhan pada penderita Sirosis Hati adalah kuat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan maka semakin tinggi pula tindakan pencegahan kekambuhan Sirosis Hati."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dan tindakan pencegahan kekambuhan Sirosis Hati
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NIKEN CHRISTIANA ENDAH KUSUMAWATI, -010230472 B
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:59
Last Modified: 20 Mar 2024 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item