HUBUNGAN TERAPI GERAKAN LING TIEN KUNG TERHADAP REGULASI TEKANAN DARAH ADA PASIEN PASCA STROKE DI LAPANGAN FLORES KELURAHAN NGAGEL REJO SURABAYA

NILUH PUTU RATIH AYU W., - (2024) HUBUNGAN TERAPI GERAKAN LING TIEN KUNG TERHADAP REGULASI TEKANAN DARAH ADA PASIEN PASCA STROKE DI LAPANGAN FLORES KELURAHAN NGAGEL REJO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
86. 010710190 B.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Tekanan darah tinggi merupakan pemicu tetjadinya serangan stroke. Untuk mengantisipasi serangan tersebut salah satu terapi yang dapat digunakan adalah dengan melakukan latihan. Ling Tien Kung merupakan suatu latihan bersifat aerobik yang mempunyai manfaat dapat menurunkan tekanan darah serta membantu proses pemulihan serta mencegah terjadinya serangan stroke ulangan. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari adanya hubungan terapi gerakan Ling • Tien Kung terhadap regulasi tekanan darah pasien pasca stroke. Metodologi penelitian ini adalah cross sectional dengan variable independen terapi gerakan Ling Tien Kung dan variabel dependen tekanan darah. Populasi selurub peserta sebanyak 50 orang dan sampel yang d~dapatkan sebanyak 10 responden dengan teknik purposive sample yang sesuai dengan kriteria inkslusi dan eksklusi. Data didapatkan dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan uji analisa paired t test dengan tingkat kemaknaan p ~ 0,05~ Hasil penelitian menunjukkan sebesar 80% responden (8 orang) mengalami penurunan tekanan darah dan sisanya sebanyak 20% responden (2 orang) tidak mengalami penurunan darah yang signiflkan. Dati data statistik didapatkan basil yang diperoleh yaitu tekanan sistolik p = 0.001, tekanan diastolik p = 0,000 dengan tingkat kemaknaan p ~ 0,05 yang berarti Ho ditolak artinya ada perbedaan tekanan darah sebelum dan setelah melakukan latihan. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan latihan terapi Ling Tien Kung terhadap regulasi tekanan darah pada pasien pasca stroke. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat meminimalkan tingkat kejadian serangan stroke ulangan dan dapat menjaga kebugaran fisik pasien pasca stroke."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Ling Tien Kung, Tekanan darah, pasien pasca stroke
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NILUH PUTU RATIH AYU W., -010710190 B
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:09
Last Modified: 20 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item