PENGARUH TERAPI PSIKORELIGI TERHADAP TINGKAT PNERIMAAN DIRI IBU YANG MEMILIKI ANAK KANGKER DI RUANG BONA II RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

NINIK DWI PURWENI (2017) PENGARUH TERAPI PSIKORELIGI TERHADAP TINGKAT PNERIMAAN DIRI IBU YANG MEMILIKI ANAK KANGKER DI RUANG BONA II RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
89. 131511123013.pdf

Download (39MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Pendahuluan: Penyakit kanker pada anak berdampak pada se]uruh aspek kehidupan keluarga meliputi psikologi, ekonomi, emosi dan sosial. Ibu yang memiliki anak kanker mengalami gangguan tahapan penerimaan diri berupa penolakan terhadap penyakit anaknnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari terapi psikologi dalam meningkatkan penerimaan diri ibu yang memiliki anak terdiagnosa kanker di Ruang Bona II RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian pra-experiment melibatkan 25 responden dengan teknik purpos ive sampling. Variabel independen adalah terapi psikoreligi ( doa dan dzikir). Variabel dependen adalah tahapan penerimaan diri ibu. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner selanjutnya dianalisis dengan Wilcoxon signed rank test dengan 0.= sO.05. Hasil dan Analisa: Sebagian besar responden sebelum perlakuan dalam tahapan denial dan bargaining. Seluruh responden setelah perlakuan berada pada tahapan acceptance. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh terapi psikoreligi terhadap peningkatan tahapan penerimaan diri. Hasil uji statistik Wilcoxon signed rank test didapatkan p = 0,000 atau p S 0,05 menunjukan adanya perbedaan yang bermakna antara pre-test dengan post-test. Diskusi: Terapi psikoreligi dapat meningkatkan tahapan penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak kanker dengan cara memberikan ketenangan dan mengembalikan kesadaran individu atas kekuasaan Allah SWT, sehingga memunculkan kekuatan dan keikhlasan dalam menghadapi keyataan yang terjadia pada anaknya. Terapi psikoreligi dapat digunakan sebagai intervensi alternatif pada ibu dengan masalah gangguan tahapan penerimaan dalam merawat anakanya menjalani terapi kanker. Penelitian berikutnya disarankan untuk mengembangkan terapi psikoreligi yang dapat diterapkan secara umum tidak hanya untuk yang beragama Islam."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: psikoreligi, tahapan penerimaan ibu, kanker pada anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NINIK DWI PURWENINIM131511123013
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:18
Last Modified: 05 Apr 2024 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item