Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Mekanisme Koping Klien Kanker Payudara Yang Mendapat Kemoterapi (Penelitian Cross Sectional Poliklinik Onkologi Bedah RSU Dr. Soetomo)

Eka Santi (2004) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Mekanisme Koping Klien Kanker Payudara Yang Mendapat Kemoterapi (Penelitian Cross Sectional Poliklinik Onkologi Bedah RSU Dr. Soetomo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
EKA SANTI.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kemoterapi merupakan stresor baru yang harus dilewati klien kanker payudara dan jika penyelesaian masalah tidak adekuat maka proses kesembuhan akan terhambat. Terkait dengan hal tersebut klien akan secara sadar atau tidak sadar akan bereaksi untuk mengatasi stresor tersebut, yaitu koping. Koping dipengaruhi oleh karakter internal seseorang meliputi kesehatan, kepercayaan, tujuan hidup, perasaan, pengetahuan, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan sosial. Koping juga dipengaruhi oleh sumber eksternal yaitu dukungan sosial dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan tingkat pengetahuan dan mekanisme koping klien kanker payudara yang mendapat kemoterapi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dan menggunakan uji statistik korelasi Spearman's rho. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel diambil pada klien kanker payudara yang mendapat kemoterapi sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan kuesioner. Untuk variabel independen adalah pengetahuan dan variabel dependen adalah melcanisme koping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan (pengetahuan baik 48,3%, cukup 44,8%, kurang 6,9%), mekanisme koping (mekanisme koping efektif 25%, kurang efektif 43%, tidak efektif 32%). Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan mekanisme koping klien kanker payudara yang mendapat kemoterapi di Poliklinik Onkologi Bedah RSU Dr. Soetomo Surabaya dengan nilai kemaknaan sebesar r = 0,599 (agak rendah) dengan tingkat signifikansi sebesar p = 0,001 (p 5 0,05). Oleh karena pengetahuan merupakan faktor yang berhubungan dengan mekanisme koping maka perlu dilakukan pemberian informasi secara berkala pada klien kanker payudara mengenai kemoterapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, mekanisme koping, kemoterapi, kanker payudara
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Eka SantiNIM010230490-B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHarmayettyNIDN0010047002
ContributorPadoliNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:34
Last Modified: 20 Mar 2024 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item