Pengaruh Pemberian Medroxy Progesterone Acetate dan Testosteron Propionat Terhadap Berat Badan, Tebal Epitel dan Diameter Tubulus Seminiferus Pada Mencit Jantan

Titik Murniati (1991) Pengaruh Pemberian Medroxy Progesterone Acetate dan Testosteron Propionat Terhadap Berat Badan, Tebal Epitel dan Diameter Tubulus Seminiferus Pada Mencit Jantan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
27. titik murniati20240205_10020678.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati peningkatan berat badan dan perubahan tebal epitel serta diameter tu¬bulus seminiferus pada mencit jantan setelah penyuntikan dengan testosteron propionat, Medroxy Progesterone Aceta¬te atau kombinasi keduanya pada waktu seksi yang berbeda. Sebanyak 48 ekor mencit jantan berumur delapan ming¬gu, digunakan dalam penelitian ini. Rancangan peroobaan yang dipergunakan adalah rancangan acak lengkap pola fak¬torial 4 x 3, ada dua faktor yang diberikan pada mencit dengan empat ulangan. Faktor pertama adalah jenis obat yang diberikan yang terdiri dan empat jenis obat yaitu 3.0 (NaC1 phisiologis) sebagai kontrol,a1 (Medroxy Pro¬gesteron Acetate 0,08 mg), a2 (testosteron propionat 0,02 mg), dan a3 (tiedroxy Progesterone Acetate 0,08 mg + tes¬tosteron propionat 0,02 mg). Faktor kedua adalah lama waktu seksi terdiri dari tiga waktu yaitu 130 (35 hari), bl (70 hari), b2 (105 hari). Penyuntikan testosteron propionat dan 1aC1 phisiologis tiga hari sekali selama 35 hari, Medroxy Progesterone Acetate dosis tunggal. Selama percobaan diberi pakan ayam komersial secara ad libitum demikian juga air miriumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat nyata (p < 0,01) pada pertambahan berat badan dan perubahan tebal epitel tubulus seminiferus pada per-lakuan dengan pemberian Medroxy Progesterone Acetate, testosteron propionat maupun kombinasi keduanya dan ada perbedaan yang nyata (p < 0,05) pada perubahan diameter tubulus seminiferus balk pada perlakuan Medroxy Proges¬terone Acetate, testosteron propionat maupun konbinasi keduanya pada waktu seksi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Medroxy Progesterone Acetate, Testosteron Propionat, Mencit
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Titik Murniati-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMas’ud Hariadi-
Thesis advisorIsmudionoNIDN0016055206
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:57
Last Modified: 20 Mar 2024 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132137
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item