Laporan Pelaksanaan Magang Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur: Analisis Tren Rujukan Keluar Dan Rujukan Masuk Di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur

Ajrine Anindya, - (2021) Laporan Pelaksanaan Magang Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur: Analisis Tren Rujukan Keluar Dan Rujukan Masuk Di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Laporan Magang_Ajrine Anindya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis tren rumah sakit rujukan keluar dari RSMM tahun 2020, didapatkan hasil sebagai berikut: a. Pada kasus rujukan mata yang merupakan spesialisasi di RSMM, RSMM hanya merujuk ke rumah sakit tipe A dan rumah sakit B (yang sebanding). Pada kasus rujukan lain seperti kasus jantung dan penyakit dalam, tipe rumah sakit rujukan yang dituju oleh RSMM tidak hanya pada rumah sakit A dan B, namun juga pada rumah sakit tipe C dan D. Pada kasus rujukan lain seperti kasus jantung dan penyakit dalam rumah sakit rujukan yang tertinggi adalah RS Bhayangkara. Hal ini menunjukkan bahwa kerjasama yang dilakukan oleh RSMM dan RS Bhayangkara sangat efektif dalam menangani kasus rujukan. Berdasarkan hasil analisis tren data rujukan masuk ke RSMM tahun 2020, didapatkan hasil sebagai berikut: a. Asal rujukan tertinggi yang diterima oleh RSMM selain dari pasien yang datang sendiri adalah rujukan yang berasal dari puskesmas di Surabaya. b. Jumlah rujukan masuk tertinggi yang berasal dari puskesmas Gayungan dan Puskesmas Kebonsari c. Semakin jauh jarak puskesmas dari RSMM maka jumlah rujukan yang dikirim oleh puskesmas semakin sedikit. d. Penyebab puskesmas yang tidak banyak merujuk ke RSMM bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah pasien dari puskesmas tidak memerlukan perawatan lanjutan di RSMM, puskesmas mengirim rujukan ke fasyankes terdekat, atau rujukan yang dituju sudah dirasa mampu sehingga tidak perlu merujuk ke RSMM.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Ajrine Anindya, -NIM101711133170
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:35
Last Modified: 20 Mar 2024 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item