Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Demam Berdarah Dengue Terhadap Kemajuan Kesembuhan Anak Selama Dirawat Di R. Menular Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Khurotun (2001) Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Demam Berdarah Dengue Terhadap Kemajuan Kesembuhan Anak Selama Dirawat Di R. Menular Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak KHUROTUN20240313_08470917.pdf

Download (51kB)
[img] Text
KHUROTUN20240313_08470917.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD), adalah penyakit wabah yang selalu timbul setiap tahun musim hujan. Dengan perawatan yang cepat dan tepat anak dengan DBD bisa teratasi dalam waktu 2 - 3 hari dan sembuh baik. Perawatan anak demam DBD membutuhkan kerja sarna yang baik antar tim petugas kesehatan dan orang tualibu. Keterlibatan orang tualibu disini membantu kelancaran tugas keperawatan, dan selain itu anak merasa aman dan dilindungi bila didampingi oleh orang tuanya terutama Ibu. Untuk mengetahui adanya pengaruh antara tingkat pengetahuan dan sikap orang tua/ibu terhadap kemajuan kesembuhan anak, diadakan penelitian dengan mengambiI data di ruang menular anak RSUD "Dr Soetomo" Surabaya pada bulanmMei sampai dengan Juni 2001. Desain penelitian adalah crossectional. Sarnpel yang dipilih orang tua pasien yang menunggui anaknya selama dirawat diruang anak dengan DBD. Yang memenuhi data inklusi. Pemilihan sampel secara aksidental sampling, dengan jumlah sampel 20 responden. Yang terdiri dari dua Variabel yaitu variabel independen yaitu tingkat pengetahuan orang tua/ibu dan sikap orang tualibu selama menunggui anaknya, sedangkan variabel dependent adalah kemajuan kesembuhan anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jawaban tertutup. Pengolahan data dengan menggunakan Crosstab dan diuji dengan Chi-Square dengan dirancang batas kemaknaan p.:s 0,1 Dari uji Chi Square tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap kemajuan kesembuhan (p=O,162), hal ini dimungkinkan karena gejala awal klinis demam berdarah sulit ditegaskan (diramalkan) dimana anak MRS dengan derajat berat penyakit 60% grade III. Sedangkan antara sikap orang tua terhadap kemajuan kesembuhan menunjukkan adanya pengaruh signifikan (p=0,0415) Namun demikian tingkat kemajuan kesembuhan anak cukup baik, anak mengalami kemajuan kesembuhan dengan cepat sebanyak 16 anak (80%), dan yang mengalami kemajuan kesembuhan lambat 4 anak (20%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demam Berdarah
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
KhurotunNIM010010224 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Astutik-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:37
Last Modified: 20 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item