Studi Perbandingan Pelaksanaan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) Pada Kelompok Khusus Bayi / Balita Oleh Perawat Yang Belum Mendapat Pelatihan Dan Perawat Yang Sudah Mendapat Pelatihan

Janita S. Bulamey, - (2003) Studi Perbandingan Pelaksanaan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) Pada Kelompok Khusus Bayi / Balita Oleh Perawat Yang Belum Mendapat Pelatihan Dan Perawat Yang Sudah Mendapat Pelatihan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
janita s bulamey20240307_10092424.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Perawatan Kesehatan Masyarakat (PERKESMAS) adalah suatu upaya pelayanan Keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Perawat, dengan mengikutsertakan tim kesehatan lainnya dan masyarakat untuk memperoleh tingkat kesehatan yang lebih tinggi dari individu, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbedaan pelaksanaan PERKESMAS pada kelompok khusus bayi/balita oleh Perawat yang sudah mendapat pelatihan dan Perawat yang belurn mendapat pelatihan. Desain penelitian studi komparasi, populasinya adalah Perawat PUSKESMAS di wilayah Kota Gorontalo. Sebagai sampel Perawat beIjumlah 45 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi, menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data untuk mengetahui pelaksanaan PERKESMAS oleh Perawat melalui observasi langsung dengan menggunakan cek list, untuk menganalisa perbandingan kedua sample menggunakan uji statistik Chi Kuadrat (X2) dua sampel dengan signifikan α ≤ 0,05. Hasil penelirian ini menunjukkan bahwa PERKESMAS dilaksanakan baik oleh Perawat yang sudah mendapat pelatihan., sedangkan Perawat yang belurn mendapat pelatihan pelaksanaannya kurang dimana perbandingan kedua sampel tersebut tingkat signifikansi p = 0,002, berarti ada perbedaan pada pelaksanaan PERKESMAS oleh Perawat yang belum mendapat pelatihan dan Perawat yang sudah mendapat pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan PERKSMAS, Pelatihan
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Janita S. Bulamey, -NIM010230473B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHarjono,, dr. AFK-
Thesis advisorSamilatul Khariroh,, SKp-
Thesis advisorNursalam, M.Nurs (Hons)-
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Mar 2024 08:30
Last Modified: 20 Mar 2024 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item