HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ADMINlSTRASI BPJS DENGAN KEPUASAN PASlEN D1 RAWAT JALAN RUMAH-SAKlT PETROKIMlA GRESIK

MASRUROH VIVlANTI, - (2015) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ADMINlSTRASI BPJS DENGAN KEPUASAN PASlEN D1 RAWAT JALAN RUMAH-SAKlT PETROKIMlA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
MASRUROH VIVIANTI20240313_12430490 - ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULLTEXT)
MASRUROH VIVIANTI20240313_12430490.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil yang diharapkan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (en am) bulan di Indonesia. Ada banyak jenis masalah di atasnya aplikasi seperti birokrasi yang rumit, antrian waktu yang lama dan kurangnya informasi tentang layanan administrasi BPJS. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk menjelaskan hubungan antara kualitas pelayanan administrasi BPJS dengan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi adalah pasien yang berobat di Rumah Sakit Petrokimia Gresik mulai tanggal 20 Januari sampai dengan 2 Februari 2015. Sebanyak 44 pasien diambil dengan cara sistematis non probability sampling. Variabel bebasnya adalah kualitas pelayanan administrasi BPJS sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan Spearman Rho dengan tingkat signiflkansi p <0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kuaJitas pelayanan administrasi BPJS dengan kepuasan pasien dengan nilai signifikansi p: 0,015 dan koefisien korelasi r = 0.366. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan administrasi BPJS dengan kepuasan pasien. Para pihak manajemen harus bisa memberikan Solusi yang tepat untuk permasalahan pada penelitian ini, karena kepuasan pasien adalah tujuan utama dari pelayanan kesehatan khususnya di BPJS. Penelitian lebih Ian jut harns melibatkan pelayanan keperawatan dalam program BPJS untuk menemukan korelasi an tara kualitas keperawatan, pelayanan dalam program BPJS dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas, kepuasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
MASRUROH VIVlANTI, -NIM131311123056
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorYULIS SETIYA DEWI, 197507092005012001NIDN0009077508
ContributorLAILY HIDAYATI, 198304052014042002NIDN0005048309
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:04
Last Modified: 21 Mar 2024 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item