Peningkatan Mutu Bungkil Biji Karet (Hevea Brasiliensis) Sebagai Bahan Pakan Ayam Pedaging Melalui Proses Fisik dan Suplementasi Kalsium Sulfat

Wahyu Widodo (2000) Peningkatan Mutu Bungkil Biji Karet (Hevea Brasiliensis) Sebagai Bahan Pakan Ayam Pedaging Melalui Proses Fisik dan Suplementasi Kalsium Sulfat. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
5. DIS M 16 02 WAHYU WIDODO_compressed.pdf

Download (30MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Bungkil biji karet adalah basil ikutan pembuatan minyak biji karet yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi yaitu berkisar 25 sampai 35 persen dan tersedia dalam jumlah banyak. Kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan bungkil biji karet sebagai pakan ternak adalah kandungan asam amino metionin dan lisinnya rendah, kandungan serat kasarnya tinggi, kandungan energinya yang rendah, dan mengandung asam sianida yang merupakan hasil hidrolisis linamarin. Kandungan asam sianida dapat dikurangi dengan perlakuan fisik seperti pemanasan dan atau suplementasi sulfur. Saran yang dapat dikemukakan adalah proses pemanasan dan ekstrusi dapat digunakan untuk mengurangi kandungan sianida dengan tanpa menurunkan kandungan nutrisi bungkil biji karet. Bungkil biji karet sebagai bahan pakan ayam pedaging dapat diproses secara pemanasan, ekstrusi dan disuplementasi kalsium sulfat dengan memperhatikan faktor kandungan sianida, sedangkan pemberian bungkil biji karet pada ayam pedaging tidak lebib dan aras 10 persen.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Biji karet, Pakan ayam, Kalsium sulfat
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu WidodoNIM099512037-D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH.A. Soeparmo-
Thesis advisorKoentjoko-
Thesis advisorRomziah SidikNIDN0016125303
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:09
Last Modified: 21 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item