Hubungan Antara Persepsi Ibu Hamil Tentang Penampilan Peran Perawat Dan Bidan Terhadap Motivasi Ibu Hamil Untuk Melaksanakan Antenatal Care (ANC)(PENELITIAN SEKSIONAL SILANG (CROSS SECTIONAL) DI POLI HAMIL I RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

Eko Winarti (2003) Hubungan Antara Persepsi Ibu Hamil Tentang Penampilan Peran Perawat Dan Bidan Terhadap Motivasi Ibu Hamil Untuk Melaksanakan Antenatal Care (ANC)(PENELITIAN SEKSIONAL SILANG (CROSS SECTIONAL) DI POLI HAMIL I RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
EKO WINARTI HUBUNGAN20240307_09571915.pdf

Download (28MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

ANC merupakan pengawasan atau pemeliharaan ibu harnil sampai melahirkan bayinya. Pelaksanaan ANC atau pemeriksaan kehami.lan di lndonesia masih belum berjalan baik, hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya motivasi ibu hamil untuk melaksanakan ANC secara teratur dan tepat waktu. Kurangnya motivasi ini bisa disebabkan oleh persepsi ibu harnil yang kurang tepat tentang penampilan peran perawat dan bidan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara persepsi ibu hamil tentang penampilan peran perawat dan bidan terhadap rnotivasi ibu hamil untuk melaksanakan ANC. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan desain penelitian cross sectional. Lokasi penelitian adalah Poli Hamil I RSUD Dr. Soetorno Surabaya. Sampel penelitian adalah 60 orang ibu hamil Trimester III kehamilan resiko rendah dengan teknik counsecutive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi ibu hamil tentang penampilan peran perawat dan bidan variabel tergantung motivasi melaksanakan ANC dan variabel moderatot adalah kesibukan, dukungan suami, sosial ekonomi, tingkat pengetahuan, jarak rumah dengan rumah sakit. Dari hasil analisa data didapatkan 36 orang (60 %) mempunyai persepsi sedang, 24 (40 %) orang mempunyai persepsi baik, tidak ada responden yang mempunyai persepsi kurang. Dari 60 responden, 58 orang (97 %) mempunyai motivasi kuat, 2 orang (3%) mernpunyai motivasi sedang, tidak ada responden yang motivasi kurang. Dari perhitungan analisis data dengan menggunakan model analisis spearman rho diperoleh hasil correlation coefficient 0,152 dengan p = 0,248 (p > 0,05). Kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi ibu hamil tentang penampilan peran perawat dan bidan terhadap rnotivasi untuk ANC. Jadi hipotesis ditolak. Saran peneliti diharapkan penampilan peran perawat dan bidan dimasyarakat sebaiknya perlu ditingkatkan. Dan setiap ibu hamil sebaiknya dijelaskan mengenai pentingnya ANC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, peran, motivasi , ANC
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Eko WinartiNIM010110315 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNursalamNIDN0025126601
ContributorNk. Alit ArminiNIDN0029107401
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:14
Last Modified: 21 Mar 2024 05:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item