Laporan Pelaksanaan Magang Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya : Gambaran Program Telemedicine Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya

Anisa Nur Kholipah, - (2021) Laporan Pelaksanaan Magang Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya : Gambaran Program Telemedicine Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Laporan Magang_Anisa Nur K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)

Abstract

Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai pelayanan telemedicine di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera, maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut: a. Rumah Sakit Wiyung Sejahtera merupakan rumah sakit swasta di bawah naungan PT Wiyung Sejahtera yang berlokasi di Jalan Karangan PDAM No. 1-3, Wiyung Surabaya. Pada bulan Agustus 2020, rumah sakit ini membentuk pelayanan telemedicine sebagai salah satu inovasi pelayanan di Instalasi Rawat Jalan. b. Pelayanan telemedicine merupakan pelayanan konsultasi online antara pasien dengan dokter mengenai keluhan kesehatan pasien, edukasi kesehatan, pengobatan, serta pemberian surat pengantar bagi pasien yang membutuhkan pemeriksaan penunjang. Pelayanan ini dapat dimanfaatkan oleh pasien pasca menjalani rawat inap dan pasien non emergency yang membutuhkan konsultasi jarak jauh. c. Berdasarkan hasil analisis, pembentukan pelayanan telemedicine di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera telah memenuhi ketentuan pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 303 Tahun 2020. Ketentuan tersebut meliputi jenis pelayanan, kegiatan yang dilakukan dalam pelayanan, pemberi pelayanan, kriteria dokter pemberi pelayanan, kewenangan dokter, prosedur penyelenggaraan resep, serta prosedur pengantaran sediaan farmasi. d. Pasien yang akan memanfaatkan pelayanan telemedicine perlu mengikuti alur dan ketentuan yang telah ditetapkan. Hingga akhir Desember 2020, pemanfaatan pelayanan ini telah melebihi target keberhasilan dengan mayoritas pemanfaatan pada poli spesialis paru, poli anak, dan poli psikiatri. Meski demikian, rumah sakit perlu merancang strategi yang tepat guna menjawab berbagai tantangan dalam melaksanakan pelayanan ini. e. Pembinaan dan pengawasan pelayanan telemedicine dilakukan setiap bulan oleh tim telemedicine untuk meningkatkan mutu pelayanan dan menciptakan pelayanan telemedicine yang berkualitas di masa mendatang

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Anisa Nur Kholipah, -NIM101711133084
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:30
Last Modified: 21 Mar 2024 05:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132248
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item